PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

DINDA NUR OKTIVIASARI

Informasi Dasar

20.04.1309
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perataan laba adalah bagian dari strategi manajemen laba agar perusahaan dapat menghasilkan laba dengan fluktuasi normal. Perusahaan dengan fluktuasi laba yang normal akan memberikan citra yang baik bagi perusahaan dan mampu menarik perhatian para pengguna laporan keuangan sehingga fenomena ini mendorong perusahaan melakukan perataan laba. Seorang manajer melakukan perataan laba dengan cara mengurangi atau menambah laba dengan sengaja atas laba yang dilaporkan. Perataan laba dapat diukur dengan menggunakan Indeks Eckel untuk memisahkan anatara perusahaan yang melakukan perataan laba dan yang tidak melakukan perataan laba. Perusahaan dengan indeks kurang dari 1 termasuk pada perusahaan yang tergolong melakukan perataan laba sedangkan yang lebih dari 1 tergolong tidak melakukan perataan laba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunkana teknik purposive sampling. Data penelitian adalah sekunder yang diambil dari situs resi Bursa Efek Indonesia. Sampel pada penelitian ini sebanyak 16 perusahaan dalam kurun waktu tiga tahun sehingga total sampel yang didapat sejumlah 48 sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik menggunakan SPSS 23.0. Berdasarkan hasil penelitian, variabel kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap perataan laba, dimana variabel-variabel ini mempengaruhi perataan laba sebesar 21,3%. Secara parsial, variabel kepemilikan manajerial memiliki pengaruh dengan arah positif terhadap perataan laba. Sedangkan variabel ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap perataan laba. Bagi perusahaan diharapkan mampu menjadi salah satu pertimbangan untuk mengambil keputusan dalam menyusun laporan keuangan dan lebih memperhatikan dampak dari perataan laba. untuk para pemakai laporan keuangan diharapkan penelitian ini mampu memberi informasi sebelum melakukan investasi pada perusahaan dan lebih cermat dalam mengamati laporan keuangan sehingga dampak buruk dari perataan laba dapat dihindari. Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Leverage, Perataan Laba

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PERATAAN LABA (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINDA NUR OKTIVIASARI
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini