Implementasi User Centered Design pada Perancangan Antar Muka dengan Menerapkan Multi Modal pada Media Pembelajaran Kesehatan Reproduksi yang Ramah Bagi Remaja Penyandang Tunanetra (Studi Kasus MCR Bandung)

BAGAS PRIOWIBOWO

Informasi Dasar

20.04.1284
004.019
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

MCR adalah organisasi di bawah Lembaga PKBI Bandung yang memiliki perhatian terkait isu pendidikan kesehatan reproduksi kepada remaja SMA sederajat. MCR memiliki media pembelajaran berupa website yang berisikan materi-materi tentang kesehatan reproduksi. Namun, media pembelajaran tersebut tidak aksesibel bagi para penyandang tunanetra, seperti contohnya gambar pada media pembelajaran tersebut tidak dapat dibaca oleh software pembaca layar dan tidak adanya media pembelajaran kesehatan reproduksi yang dikhususkan untuk tunanetra menyebabkan tidak tersampaikannya pembelajaran secara menyeluruh dan kurangnya media untuk melakukan pembelajaran mandiri bagi para penyandang tunanetra. Sehingga diperlukan suatu aplikasi berbasis Android dari pembelajaran kesehatan reproduksi yang memiliki user interface yang dapat diakses lebih mudah oleh para remaja tunanetra melalui software pembaca layar. Aplikasi yang dirancang menerapkan multimodal interaction yaitu interaksi alami yang melibatkan beberapa indra manusia dalam menggunakan aplikasi yang menawarkan fleksibilitas, efesiensi dan penggunaan usable environment. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk berinteraksi melalui beberapa input seperti sentuhan, atau gestur dan mendapat output berupa suara. Pada penelitian ini menggunakan metode user centred design agar perancangan berfokus pada user. Model user interface yang telah dihasilkan dilakukan usability testing dengan parameter USE questionnaire yang mencapai rata-rata persentase usability lebih dari 87,4%, sehingga dapat dikatakan memenuhi unsur usability dengan kategori sangat baik

Kata Kunci: software, tunanetra, usability, USE questionnaire, user centered design, user interface.

Subjek

Human computer interaction
 

Katalog

Implementasi User Centered Design pada Perancangan Antar Muka dengan Menerapkan Multi Modal pada Media Pembelajaran Kesehatan Reproduksi yang Ramah Bagi Remaja Penyandang Tunanetra (Studi Kasus MCR Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAGAS PRIOWIBOWO
Perorangan
VERONIKHA EFFENDY, DANANG JUNAEDI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • CSH3B3 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER A
  • CCH4D4 - TUGAS AKHIR
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • CPI4E4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini