ANALISIS KONFIGURASI COST DRIVER MENGGUNAKAN TOOLS BATCHMAN PADA ACTIVITY-BASED COSTING MODUL CONTROLLING SAP S/4 HANA (STUDI KASUS : PT. TELKOM INDONESIA)

AULIA NURI IKHSANATI

Informasi Dasar

20.04.1205
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada tahun 2017 PT.Telkom Indonesia sedang melakukan migrasi dari SAP R/3 ke SAP S/4 HANA karena pada tahun 2025 SAP tidak akan mendukung produk SAP R/3 lagi. Selain itu munculnya peraturan Menteri BUMN juga menjadi faktor utama PT.Telkom Indonesia mengimplementasikan sistem SAP. Akan tetapi proses pengalokasian biaya pada PT.Telkom Indonesia masih belum menggunakan aplikasi SAP dan bersifat offline sehingga menyebabkan ketidaksesuaian data. Berdasarkan permasalahan tersebut, PT. Telkom Indonesia mengimplementasikan SAP S/4 HANA, khususnya sub-modul Activity-Based Costing pada Modul Controlling yang bersifat online dan terintegrasi sehingga proses pengalokasian biaya dapat dilakukan secara terpusat. Selain itu, PT.Telkom Indonesia juga memiliki kebutuhan untuk melakukan profitability analysis agar dapat mendeteksi penyebab timbulnya laba atau rugi yang dihasilkan oleh setiap jenis produk yang dimiliki. Oleh karena itu PT.Telkom Indonesia akan menggunakan sub-modul Profitability Analysis (CO-PA) yang terintegrasi dengan modul Activity-Based Costing. Pada proses perpindahan fungsi dan migrasi data dari aplikasi eksisting ke SAP S/4 terdapat data Cost Driver yang digunakan sebagai dasar alokasi biaya pada Activity-Based Costing. Pada proses migrasi pada SAP S/4 HANA terdapat data Cost Driver yang disebut sebagai Statistical Key Figure. Proses migrasi data tersebut masih diinputkan secara manual sehingga memakan waktu yang lama dan meningkatkan resiko terjadinya kesalahan input data. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan proses migrasi data dengan BatchMan dan konfigurasi Value Field yang menerapkan Metode SAP Activate dari tahap discover hingga realize. Dengan digunakannya BatchMan, dapat mempercepat proses migrasi data dan dihasilkan data yang valid. Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam melakukan profitability analysis dilakukan aktivasi sub-modul Profitability Analysis (CO-PA) serta konfigurasi mengenai master data dan transactional data dari Value Field.

Kata kunci : Activity-Based Costing, Cost Driver, Statistical Key Figure, Value Field, BatchMan, SAP S/4 HANA

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

ANALISIS KONFIGURASI COST DRIVER MENGGUNAKAN TOOLS BATCHMAN PADA ACTIVITY-BASED COSTING MODUL CONTROLLING SAP S/4 HANA (STUDI KASUS : PT. TELKOM INDONESIA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA NURI IKHSANATI
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini