Implementasi dan Analisis API Gateway sebagai Middleware Pada Platform as a Service (Studi Kasus: Sistem Layanan Laboratorium Praktikum)

JOEL ANDREW MONTANA KRIAHENTA GINTING

Informasi Dasar

20.04.1015
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Proses pembangunan sebuah platform merupakan proses yang terdiri dari berbagai tahapan terdapat fokus perkerjaan dan memerlukan persiapan yang berbeda beda, namun hingga saat ini belum adanya kesadaran dalam memanfaatkan sumber data dan informasi yang telah tersedia untuk diajadikan sebagi dasar pengembangan atau pembuatan sebuah platform yang mampu meningkatkan mutu sebuah sistem terintegritas. Untuk itu dibangun sebuah arsitektur Platform as a Service (PaaS) yang menyediakan layanan pengembangan dan deployment aplikasi untuk mengolah data dan informasi yang didapat dari kegiatan praktikum selama masa perkuliahan berlangsung berbasis cloud computing dengan menggunakan metode Service Oriented Architectural (SOA). Platform ini dibangun dalam bentuk web application berbasis microservice agar layanan yang diberikan dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa/i untuk mengembangkan aplikasi tanpa harus memikirkan Bahasa pemrograman apa yang ingin digunakan. Layanan service yang terdapat pada platform mampu membantu mahasiswa/i. untuk dapat melihat data dari setiap kegiatan praktikum yang diikuti, serta data yang tersimpan dapat diolah sesuai dengan keinginan dan keperluan masing-masing. Setiap layanan service yang ada bersifat loose coupling dimana sebuah service dapat di-panggil oleh program/service lainya tanpa program pemanggil tersebut perlu memperhatikan di mana lokasi service yang dipanggil berada dan platform/teknologi apa yang digunakan oleh service tersebut. Dalam pembuatan arsitektur platform kali ini API gateway merupakan salah satu middleware digunakan pada sebuah platform yang berbasis microservice. Hasil implementasi dan analisis yang dilakukan membuktikan bahwa arsitektur menggunakan API gateway sebagai middleware yang dibangun dapat dipertimbangkan untuk mengembangkan sistem layanan laboratorium praktikum Telkom University. Meskipun ada penyesuaian sumber daya dan kebutuhan. Dari hasil pembangunan arsitektur ini secara umum telah terwujudkan. Dari hasil pengujian yang dilakukan arsitektur platform yang menggunakan API gateway didapatkanlah RTT 2,081 detik, Memori 45 MB, dan CPU 8% pada setiap user pada jumalah 100 user.
Kata Kunci: Platform as a Service, Service Oriented Architectural, Platform, cloud computing, loose coupling

Subjek

Technological innovations
 

Katalog

Implementasi dan Analisis API Gateway sebagai Middleware Pada Platform as a Service (Studi Kasus: Sistem Layanan Laboratorium Praktikum)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JOEL ANDREW MONTANA KRIAHENTA GINTING
Perorangan
MAMAN ABDUROHMAN, RAHMAT YASIRANDI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • CSH4283 - NETCENTRIC

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini