IMPLEMENTASI AUDIO WATERMARKING BERBASISKAN DWT-DCT MENGGUNAKAN MULTIBIT SPREAD SPECTRUM PADA RASPBERRY PI

REVIN NAUFAL ALIEF

Informasi Dasar

20.04.943
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada zaman yang serba digital, informasi dapat diakses dengan mudah dalambentuk data oleh siapapun. Hal tersebut menimbulkan masalah yang berupa pemal-suan kepemilikan suatu data atas hak orang lain. Dalam mengatasi hal tersebut,digunakanlah watermark, tanda yang dapat disisipkan dalam suatu data. Pada tugas akhir ini berfokus pada data berupa audio digital. Dalam tugas akhir ini dilakukan implementasi sistem audio watermarking dengan metode penyisipan Multibit Spread Spectrum (Multibit SS) berbasis Discrete Wavelet Transform(DWT) dan Discrete Cosine Transform(DCT).

Pada sistem ini, transformasi DWT digunakan untuk menyisipkan watermark dengan pemilihan subband, transformasi DCT digunakan untuk mengubah domain host audio dari waktu ke frekuensi. Penyisipan dengan multibitSS dilakukan dengan cara penyebaran bit-bit watermark pada host audio.MultibitSS digunakan dengan cara merepresentasikan satu Pseudo Noise Code(PN Code) untuk beberapa bit watermark. Sistem ini diimplementasikan pada Raspberry Pi dikarenakan bersifat portable dan real-time.

Hasil yang didapat dari sistem audio watermarking dengan menggunakan watermark10×10 dan 5 host audio menunjukan ketahanan sistem terhadap serangan filter,resampling,linear speed change,noise,equalizer,echo, kompresi MP3, kom-presi MP4 delay, wireless dan wired. Hasil implementasi pada Raspberry Pi mendapatkan hasil yang baik. Hasil tersebut ditandai dengan BER 0, nilai SNR memilikirentang 16 dB hingga 27 dB untuk masing-masing host, ODG memiliki rentang -1.73 hingga -3.52 untuk tiap host, dan kapasitas yang cukup untuk copyright protection sebesar 6.67 bps

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

IMPLEMENTASI AUDIO WATERMARKING BERBASISKAN DWT-DCT MENGGUNAKAN MULTIBIT SPREAD SPECTRUM PADA RASPBERRY PI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REVIN NAUFAL ALIEF
Perorangan
GELAR BUDIMAN, LEDYA NOVAMIZANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • FEH3A3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU DISKRIT
  • FEH2L3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU KONTINYU
  • TTH4Q3 - STEGANOGRAFI AND WATERMARKING
  • TTI2I3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU KONTINYU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini