ANTENA SUSUNAN UNTUK DOPPLER SPREAD COMPENSATOR PADA SISTEM KERETA CEPAT

DANO SETO ANBELA

Informasi Dasar

20.04.905
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pegerakan kereta pada kereta cepat dapat menyebabkan rusaknya sinyal karena efek Doppler, sehingga teknik Doppler Spread Compensator (DSC) memegang peranan penting dalam teknologi kereta cepat. Tugas Akhir ini mengusulkan antena susunan untuk membantu DSC dengan cara memberikan sinyal yang diterima tiap elemen antena kepada interpolator berbasis Minimum Mean Square Error (MMSE).

Tugas Akhir ini merancang antena mikrostrip patch rectangular yang disusun secara linier. Perancangan dan simulasi antena dilakukan dengan software dan disimulasikan dengan komputer. Bahan substrat yang digunakan adalah FR-4 Epoxy dan untuk ground plane dan patch adalah tembaga. Sebuah pelindung (outline) antena ditambahkan untuk melindungi antena dan menjaga aerodinamis pergerakan kereta cepat. Antena terhubung dengan Doppler Spread Compensator yang berguna untuk mengurangi efek Doppler yang terjadi karena pergerekan kereta cepat. Evaluasi performansi dilakukan dengan menghitung Bit Error Rate (BER) terhadap Signal to Noise Ratio (SNR) dan terhadap normalized Doppler Spread (fdTs).

Tugas Akhir ini menghasilkan: (i) Antena hasil simulasi yang memiliki return loss dengan nilai RL <= -10 dB, Voltage Standing Wave Ratio (VSWR) Vswr <= 2, polarisasi elips, pola radiasi unidirectional, nilai gain G > 0 dBi dan (ii) Performansi sistem DSC pada sistem kereta cepat yang berhasil mengurangi secara signifikan efek Doppler yang terjadi saat kereta cepat yang bergerak dengan kecepatan 300 km/jam. Hasil Tugas Akhir ini diharapkan dapat membantu untuk pengembangan sistem kereta cepat Indonesia di masa depan.

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

ANTENA SUSUNAN UNTUK DOPPLER SPREAD COMPENSATOR PADA SISTEM KERETA CEPAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANO SETO ANBELA
Perorangan
KHOIRUL ANWAR, TRASMA YUNITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • TT3223 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • FEH2F3 - ELEKTROMAGNETIKA
  • TE4103 - SISTEM KOMUNIKASI BERGERAK
  • TE3113 - SISTEM KOMUNIKASI I
  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR
  • TTI2C3 - ELEKTROMAGNETIKA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini