IMPLEMENTASI PASSIVE RADAR DENGAN SINYAL FREQUENCY MODULATION (FM) PADA PERANGKAT KERAS BERBASIS SOFTWARE DEFINED RADIO (SDR)

SHANDI NUGROHO PUTRO

Informasi Dasar

20.04.881
621.384 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Radio Detecting and Ranging (radar) dapat melakukan deteksi dan memberikan informasi tentang keberadaan target. Teknologi radar bisa dimanfaatkan untuk keperluan militer ataupun dunia konvensional. Radar aktif dan pasif dibedakan berdasarkan sumber sinyalnya. Radar pasif merupakan radar yang memanfaatkan sinyal yang ada tanpa memancarkannya. Sinyal yang bisa digunakan antara lain gelombang radio Frequency Modulation (FM). Kelebihan dari radar pasif dalam pendeteksiannya tidak disadari oleh target dan dapat langsung diaplikasikan di lapangan tanpa harus izin penggunaan frekuensi. Pada Tugas Akhir ini disimulasikan radar pasif menggunakan frekuensi FM dimana digunakan RTLSDR2832U sebagai model radar pasifnya. Dua buah modul RTl2832U digunakan sebagai penerima dan dengan software bantu GNU Radio. Dari hasil pengujian radar pasif, didapatkan bahwa radar pasif yang dimodelkan dapat mendeteksi objek seperti yang diharapkan dengan menggunakan konsep korelasi silang dan efek doppler. Saat radar mendeteksi tidak ada objek maka tidak terjadi pergeseran frekuensi doppler. Saat radar mendeteksi ada objek maka terjadi pergeseran doppler. Kata Kunci: radar pasif, SDR, GNU Radio, frekuensi FM, doppler radar.

Subjek

RADAR
 

Katalog

IMPLEMENTASI PASSIVE RADAR DENGAN SINYAL FREQUENCY MODULATION (FM) PADA PERANGKAT KERAS BERBASIS SOFTWARE DEFINED RADIO (SDR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SHANDI NUGROHO PUTRO
Perorangan
ERFANSYAH YUDHI EKA ALI, ADYA PRAMUDITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • TTH4K3 - RADAR, NAVIGASI DAN REMOTE SENSING
  • TTI4R3 - RADAR, NAVIGASI DAN REMOTE SENSING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini