ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP DIPOLE SIRKULAR UNTUK PENGATURAN FOOTPRINT ANTENNA GROUND PENETRATING RADAR (GPR) (MICROSTRIP DIPOLE CIRCULAR ANTENNA ARRAY FOR FOOTPRINT ADJUSTMENT OF ANTENNA GROUND PENETRATING RADAR (GPR))

FARDHINA AMALIA

Informasi Dasar

20.04.872
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Parameter yang mempengaruhi hasil pendeteksian antena pada Ground Penetrating Radar (GPR) adalah antenna footprint. Footprint adalah bidang pada permukaan tanah atau di bawah permukaan tanah yang diiluminasi oleh medan elektromagnetik yang dipancarkan antena Ground Penetrating Radar (GPR). Pada kenyataannya, kondisi tanah yang ingin dideteksi bersifat inhomogenitas dan pada umumnya antena GPR hanya memiliki ukuran atau bentuk footprint yang terbatas. Dengan pertimbangan tersebut, dalam penelitan tugas akhir ini penulis mencoba mengembangkan sistem antena GPR yang memiliki kemampuan untuk mengatur footprint antena. Teknologi yang diusulkan adalah menggunakan antena ultra wideband yang terdiri dari tiga susunan konsentris microstrip dipole dengan panjang lengan yang berbeda berbentuk sirkular . Untuk memperlebar bandwidth yang dihasilkan, penulis menggunakan penambahan beban resistif pada lengan antena. Tugas Akhir ini dirancang menggunakan software dan merealisasikan antena dengan substrat FR-4 Epoxy dengan konstanta dielektrik 4,3 dan ketebalan 1,6 mm. Antena didesain untuk bekerja pada rentang frekuensi 0.1-1 GHz. Hasil rancangan yang telah dibuat dari Tugas Akhir ini adalah antena yang direalisasikan telah memenuhi kriteria GPR yaitu bersifat ultra wide band dengan nilai return loss dibawah -10 dB pada frekuensi 0.1-1 Ghz. Pengukuran antena menggunakan Vector Network Analyzer (VNA) menunjukkan bahwa antena yang direalisasikan dapat menghasilkan tiga bentuk footprint yang berbeda tanpa mempengaruhi nilai impedansi input pada antena.

Subjek

Antennas-electromagnetics
 

Katalog

ANTENA SUSUNAN MIKROSTRIP DIPOLE SIRKULAR UNTUK PENGATURAN FOOTPRINT ANTENNA GROUND PENETRATING RADAR (GPR) (MICROSTRIP DIPOLE CIRCULAR ANTENNA ARRAY FOR FOOTPRINT ADJUSTMENT OF ANTENNA GROUND PENETRATING RADAR (GPR))
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARDHINA AMALIA
Perorangan
ALOYSIUS ADYA PRAMUDITA, TRASMA YUNITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • TTH3G3 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • TT2323 - ELEKTROMAGNETIKA I
  • TT3413 - ELEKTROMAGNETIKA II
  • FUH1A3 - FISIKA 1 A
  • FUH1D3 - FISIKA 2 A
  • TTH4K3 - RADAR, NAVIGASI DAN REMOTE SENSING
  • TTI3K3 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • TTI4R3 - RADAR, NAVIGASI DAN REMOTE SENSING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini