IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DARI HASIL PENGOLAHAN CITRA DIGITAL TES INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT BERBASIS WEBSITE

GAFAR WIDYO RIZKI

Informasi Dasar

20.04.871
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kanker serviks merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Penyakit ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kanker serviks adalah penyakit kanker tertinggi keempat dengan perkiraan 570.000 kasus baru pada 2018 mewakili 6,6% dari semua kanker wanita. Angka kematian yang tinggi dari kanker serviks dapat dikurangi melalui pencegahan, diagnosis dini, dan program pengobatan. Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya untuk mencegah tersebar luasnya penyakit tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah pemberian fasilitas untuk deteksi dini kanker serviks melalui tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Namun, pendataan hasil deteksi dini kanker serviks hanya dilakukan oleh masing-masing petugas medis di setiap rumah sakit dan puskemas yang tersebar.

Untuk mempermudah dan mengoptimalkan pendataan tersebut, dalam Tugas Akhir ini dirancang dan diimplementasikan sebuah sistem informasi berbasis website. Dengan memanfaatkan data hasil deteksi citra melalui tes IVA yang sudah dikumpulkan, dapat dibuat Geographic Information System (GIS) untuk melihat sebaran kanker serviks di suatu daerah.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, seluruh fungsionalitas pada website sudah berjalan sebagaimana mestinya dan telah menampilkan data sebaran kanker serviks di Kabupaten Bandung. Dari hasil pengujian server, Virtual Private Server (VPS) dari digitalocean memiliki availability sebesar 100 % dari 1.000 – 500.000 request data, sedangkan sharedhosting dari niaga hoster memiliki availability sebesar 100% hanya dikisaran 1.000 – 250.000 request data. Kemudian, dari hasil pengujian subjektivitas didapatkan nilai rata-rata 4,37 dari skala 1-5. Dapat disimpulkan bahwa menurut score kuesioner, sistem tergolong baik.

Kata Kunci: Kanker Serviks, Geographic Information System, Website, IVA

Subjek

Telecommunication - engineering
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DARI HASIL PENGOLAHAN CITRA DIGITAL TES INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT BERBASIS WEBSITE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GAFAR WIDYO RIZKI
Perorangan
ISTIKMAL, HILMAN FAUZI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini