PERANCANGAN SISTEM DETEKSIUSIAPADAINDIVIDU BERDASARKAN CITRA RADIOGRAFI PANORAMIK GIGI MOLAR PERTAMA MANDIBULA DENGAN METODE FRACTAL DAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN)

NADYA AYU FIRSTIANY PUTRI

Informasi Dasar

20.04.863
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Identifikasi forensik dibutuhkan untuk mengetahui identitas korban. Kondisi jenazah yang rusak disebabkan ledakan bom, terbakar, membusuk, dan kecelakaan massal mengakibatkan korban tidak dapat teridentifikasi secara konvensional yaitu pemeriksaan identifikasi dengan memperhatikan wajah dan sidik jari. Odontologi forensik digunakan untuk mengidentifikasi korban melalui gigi geligi yang mempunyai akurasi tinggi dan sama dengan sidik jari. Gigi merupakan bagian tubuh yang keras dan tidak mudah rusak serta dapat memperkirakan usia seseorang dari masa pranatal hingga dewasa. Usia merupakan salah satu identitas yang dibutuhkan dalam identifikasi korban. Melihat adanya permasalahan tersebut dilakukan penelitian Tugas Akhir menggunakan bagian pulpa gigi molar pertama mandibula untuk mengestimasikan umur seseorang karena semakin bertambah usia ukuran pulpa semakin kecil. Pada Tugas Akhir ini dilakukan perancangan sistem untuk deteksi usia individu berdasarkan citra radiografi panormik gigi molar pertama mandibula dari usia 14 sampai 60 tahun. Sistem yang dirancang menggunakan metode Fractal dan klasifikasi K-Nearest Neighbor (K-NN). Tahap pertama adalah akuisisi citra, selanjutnya proses pre-processing yaitu memisahkan bagian pulpa dari keseluruhan gigi. Setelah itu citra dari pulpa gigi dilakukan ekstraksi ciri Fractal. Kemudian ciri citra dari pulpa gigi diklasifikasikan menggunakan KNN untuk dikelompokkan menjadi empat kelas. Sistem yang telah dirancang diimplementasikan menggunakan software MATLAB untuk mengidentifikasi usia berdasarkan luas pulpa gigi. Data yang digunakan pada penelitian sebanyak 376 citra yang dibagi menjadi dua yaitu data latih sebanyak 282 citra dan data uji sebanyak 94 citra. Penelitian Tugas Akhir ini menghasilkan tingkat akurasi estimasi usia yang sudah cukup baik yakni mencapai 82% dengan parameter yang digunakan pada sistem adalah nilai threshold = 0.8, jumlah dimensi Fractal = 1 dengan nilai s matriks Fractal = [2] dan nilai k = 1 dengan jenis Euclidean distance.

Kata Kunci: Gigi Molar Pertama Mandibula, Fractal, K-Nearest Neighbor.

Subjek

Image processing - computer vision
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM DETEKSIUSIAPADAINDIVIDU BERDASARKAN CITRA RADIOGRAFI PANORAMIK GIGI MOLAR PERTAMA MANDIBULA DENGAN METODE FRACTAL DAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADYA AYU FIRSTIANY PUTRI
Perorangan
HILMAN FAUZI TRESNA SANIA PUTRA, FAHMI OSCANDAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini