ANALISIS FRAUD DIAMOND TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)

IQBAL FADLY

Informasi Dasar

20.04.788
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kecurangan adalah perbuatan yang dilakukan individu ataupun kelompok untuk memperkaya diri sendiri maupun golongan. Kecurangan laporan keuangan merupakan salah satu jenis kecurangan yang sering terjadi di perusahaan, hal ini sering dilakukan pihak perusahaan untuk memanipulasi laporan keuangan untuk membohongi publik tentang kinerja yang sebenarnya perusahaan yang dikelola. Perbuatan ini dilakukan karena pihak perusahaan tidak ingin para investor menarik sahamnya kembali karena kinerja yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teori fraud diamond dengan faktor external pressure, financial stability, financial target, financial distress, ineffective monitoring, opini auditor, dan pergantian direksi terhadap pendeteksian kecurangan laporan keuangan pada sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Populasi dalam penelitian adalah Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 50 perusahaan dengan periode 2016-2018 sehingga mendapatkan sampel sebanyak 150 observasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresidata panel dengan menggunakan software Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan external pressure, financial stability, financial target, financial distress, ineffective monitoring, opini auditor, dan pergantian direksi berpengaruh secara simultan terhadap fraudulent financial statement. Hasil yang berpengaruh secara parsial yaitu variabel external pressure berpengaruh negatif, financial stability dan financial target berpengaruh positif terhadap fraudulent financial statement. Sedangkan variabel financial distress, ineffective monitoring, opini auditorm dan pergantian direksi tidak berpengaruh secara parsial terhadap fraudulent financial statement. Untuk investor hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tambahan dalam mengambil keputusan berinvestasi. Sedangkan untuk perusahaan, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk melakukan evaluasi untuk memperhatikan likuiditas dan leverage juga meningkatkan ukuran perusahaan agar terhindar dari financial distress. Kata Kunci: Kecurangan, Teori Fraud Diamond, Kecurangan Laporan Keuangan

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS FRAUD DIAMOND TERHADAP FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL FADLY
Perorangan
MOHAMAD RAFKI NAZAR
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini