Analisis Pola Desain Interaksi pada Aplikasi M-commerce untuk Ibu Rumah Tangga Sebagai Pengguna Awam Menggunakan Metode User-Centered Design (Studi Kasus : Desa Bojong, Kabupaten Lampung Timur)

SEPTIANA PUTRI

Informasi Dasar

20.04.767
004.019
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ibu rumah tangga sebagai pengguna awam yang tidak bekerja diluar rumah saat ini dirasa tidak produktif dalam hal finansial karena hanya bergantung pada penghasilan suami. Ibu rumah tangga ini membutuhkan kegiatan yang dapat meningkatkan penghasilan dan produktifitas dalam hal finansial. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menjual produk yang dimiliki oleh ibu rumah tangga sebagai pengguna awam. Saat ini, tren berjualan sudah beralih dari toko offline menjadi toko online salah satunya melalui aplikasi m-commerce. Namun, dikarenakan kemampuan ibu rumah tangga mengoperasikan aplikasi m-commerce kurang baik sehingga ibu rumah tangga tersebut kurang dapat memanfaatkan m-commerce yang sudah ada saat ini sebagai media berjualan online. Hal tersebut menimbulkan munculnya permasalahan pola interaksi yang belum dapat mengkomunikasikan desain dengan baik untuk ibu rumah tangga sebagai pengguna awam. Sehingga dibutuhkan adanya analisis pola interaksi sebagai pedoman dalam merancang user interface. Analisis pola interaksi menggunakan pendekatan User Centered Design(UCD). Pendeketan UCD dipilih karena merupakan pendekatan yang dapat membantu permasalahan pengguna awam menemukan solusi desain yang lebih baik. Pengujian desain interaksi dilakukan dengan Testing Based Usability Testing dengan menggunakan kuisioner. Dimana pengujian faktor-faktor yang diukur yaitu useful, effective, learnable, Memorable, helpful, engaging diharapkan mendapat nilai yang baik. Hasil dari penelitian ini adalah pola Interaction Design Pattern pada m-commerce yang sesuai dengan ibu rumah tangga di lingkungan studi kasus.

Subjek

Human computer interaction
 

Katalog

Analisis Pola Desain Interaksi pada Aplikasi M-commerce untuk Ibu Rumah Tangga Sebagai Pengguna Awam Menggunakan Metode User-Centered Design (Studi Kasus : Desa Bojong, Kabupaten Lampung Timur)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SEPTIANA PUTRI
Perorangan
VERONIKHA EFFENDY, DANANG JUNAEDI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • CSH2E3 - ANALISIS DAN PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • BUG1A2 - BAHASA INDONESIA
  • CS2163 - INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  • CDG4J3 - PENJAMINAN MUTU PERANGKAT LUNAK
  • CCH4A3 - PENULISAN PROPOSAL
  • CCH4D4 - TUGAS AKHIR
  • CII4A2 - PENULISAN PROPOSAL
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • CPI4A2 - PENULISAN PROPOSAL
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • CII9G6 - PROPOSAL PENELITIAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini