ANTESEDEN SIKAP ADOPSI NASABAH PRODUK REKENING PONSEL DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP MINAT BERLANGGANAN (STUDI PADA PEMASARAN PRODUK WOW IB PT. BTPN SYARIAH)

ALDILLA NURUL ILMIE

Informasi Dasar

20.05.040
658.8
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

ABSTRAK

Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat dan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya dengan maraknya penggunaan handphone sehingga dimanfaatkan oleh industri perbankan untuk menyediakan sarana transaksi keuangan maupun non keuangan secara online melalui internet banking. PT. BTPN Syariah sebagai bagian dari pelaku bisnis keuangan dengan segmentasi bisnis perempuan pra sejahtera turut menerapkan strategi perluasan jangkauan keuangan bagi masyarakat melalui produk rekening ponsel WOW iB. Sikap adopsi teknologi dan pengaruhnya terhadap minat berlangganan mobile banking rekening ponsel WOW iB milik PT. BTPN Syariah belum mencapai target yang ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dampak dari word of mouth pada adopsi produk rekening ponsel WOW iB di Area Bandung meliputi wilayah Bojongsoang, Dayeuhkolot, Ciparay, Arjasari, Pacet 3 dan Kertasari. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan tipe penelitian kausatif . Populasi penelitian ini adalah nasabah BTPN Syariah area Bandung yang sudah mendaftarkan nomor handphone sebagai rekening ponsel. Hubungan sebab akibat antara ke tujuh variabel tersebut membentuk model persamaan structural (SEM). Purposive sampling digunakan untuk mendapatkan 258 sampel yaitu seluruh nasabah bank yang telah bertransaksi. Responden diminta mengisi kuisioner secara online melalui Google form dengan 23 pertanyaan yang diturunkan dari indikator-indikator setiap variabel. Model TAM digunakan untuk menganalisis secara kuantitatif anteseden minat berlangganan yang melibatkan variabel-variabel attitude, perceived usefulness, perceived ease of use, social norms, trust dan word of mouth. Setelah hasil uji seluruh indikator valid dan reliable dan model mencapai goodness of fit selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan hasil bahwa seluruh hipotesis diterima kecuali hubungan antara variabel perceive usefulness terhadap intention, perceive ease of use terhadap attitude, dan word of mouth terhadap perceive ease of use. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam penerapan model TAM khususnya pada objek penelitian mobile banking di masyarakat seperti kota Bandung.

Kata Kunci : Attitude, Intention, WOW iB, TAM, Word of Mouth

Subjek

Management - business
 

Katalog

ANTESEDEN SIKAP ADOPSI NASABAH PRODUK REKENING PONSEL DAN KONSEKUENSINYA TERHADAP MINAT BERLANGGANAN (STUDI PADA PEMASARAN PRODUK WOW IB PT. BTPN SYARIAH)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALDILLA NURUL ILMIE
Perorangan
TEGUH WIDODO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini