AUDIT FEE: FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

DANIA ULFA ZATA AMANI

Informasi Dasar

20.04.699
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Audit fee merupakan biaya yang diberikan kepada auditor eksternal berdasarkan scope penugasannya pada suatu perusahaan. Aturan mengenai faktor-faktor penentuan besaran audit fee telah tercantum dalam Surat Keputusan No. KEP.024/IAPI/VII/2008 tentang Kebijakan Penentuan Audit fee yang dikeluarkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Namun, besaran audit fee pada Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain di Indonesia tidak semuanya dinyatakan secara eksplisit, melainkan tergabung dalam besaran professional fees. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor keuangan (profitabilitas, cost leadership, dan leverage) dan non keuangan (komite audit independen dan spesialisasi industri auditor) terhadap audit fee pada perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014 – 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014 – 2018. Sampel yang dihasilkan sebanyak 55 sampel dengan menggunakan purposive sampling. Namun, terdapat outlier yang mengganggu model sebanyak 12 data, sehingga data penelitian yang tersisa sebanyak 43 data. Data pada penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas, cost leadership, leverage, komite audit independen dan spesialisasi industri auditor berpengaruh simultan terhadap audit fee. Secara parsial, leverage, komite audit independen dan spesialisasi industri auditor berpengaruh positif terhadap audit fee, sedangkan profitabilitas dan cost leadership tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap audit fee. Meskipun cost leadership tidak berpengaruh terhadap audit fee, tetapi cost leadership merupakan pembaruan variabel dalam penelitian ini.

Kata kunci: audit fee, profitabilitas, cost leadership, leverage, komite audit independen, dan spesialisasi industri auditor.

Subjek

AUDITING
 

Katalog

AUDIT FEE: FAKTOR KEUANGAN DAN NON KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANIA ULFA ZATA AMANI
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini