Analisis Faktor Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z di Bandung (Studi Pada Mahasiswa Telkom University dan Institut Teknologi Bandung)

RANDI SAPUTRA

Informasi Dasar

20.04.681
332.024
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Kesiapan mahasiswa yang saat ini didominasi oleh generasi z terhadap keuangan menjadi hal penting yang harus diperhatikan agar bisa bersaing dan bertahan hidup pada masa bonus demografi di Indonesia serta kesiapan ini akan membantu Indonesia dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditargetkan pada 2030, yang salah satu isinya adalah tidak ada kemiskinan. Kesiapan keuangan berupa metode penyimpanan yang tepat adalah salah satu aspek yang wajib dimiliki oleh mahasiswa agar memiliki cadangan dana yang sesuai dengan yang diinginkan di masa depan. Tujuan utama penelitian ini adalah menemukan faktor dominan dari investasi pada mahasiswa generasi z di Bandung. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 270 responden dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor sebagai pengolahan data pada penelitian dengan bantuan SPSS Berdasarkan hasil penelitian analisis deskriptif disimpulkan bahwa mahasiswa generasi z di Telkom University dan Institut Teknologi Bandung memiliki self control yang sama-sama memiliki nilai sangat tinggi. Kemudian pada personal interest dan financial knowledge mahasiswa Telkom University berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan di Institut Teknologi Bandung memiliki nilai tinggi. Sedangkan pada variabel financial literacy dua objek penelitian ini samasama memiliki nilai yang tinggi. Kemudian dari 19 item yang sebelumnya berasal dari 8 faktor tereduksi menjadi 5 faktor dominan yang memiliki nilai Initial Eigenvalues > 1. Lima faktor tersebut diberi nama sesuai dengan faktor / dimensi sebelumnya agar diketahui faktor-faktor yang dominan beserta anggota barunya. Sehingga disimpulkan bahwa faktor-faktor dominan dari investasi pada mahasiswa generasi z di Bandung adalah isu keuangan investasi, penghematan, jumlah pengembalian investasi, pilihan aset keuangan, dan pengelolaan keuangan dengan faktor paling dominan adalah isu keuangan investasi yang memiliki nilai sebesar 51.97%.

Kata kunci : Investasi, Keuangan, Pengendalian diri, Mahasiswa Generasi Z. ?

Subjek

FINANCE PERSONAL
 

Katalog

Analisis Faktor Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z di Bandung (Studi Pada Mahasiswa Telkom University dan Institut Teknologi Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RANDI SAPUTRA
Perorangan
BUDI RUSTANDI KARTAWINATA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini