ANALISIS KOMPONEN UTAMA UNTUK MENENTUKAN VARIABEL EKONOMI MAKRO YANG BERPENGARUH TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Indeks IDX BUMN20 Periode 2008-2019)

DANIEL MANUMPAK

Informasi Dasar

20.04.659
332.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keuntungan bagi investor yang memiliki saham adalah mendapatkan return. Salah satu faktor yang memengaruhi return saham adalah kinerja variabel makro ekonomi yang terdiri dari PDB (Konsumsi, Investasi, Pengeluaran Pemerintah, Ekspor, dan Impor); inflasi; tingkat bunga; tingkat pengangguran terbuka; kurs; jumlah uang beredar; dan IHSG.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelas variabel tersebut terhadap return saham BUMN yang terdaftar pada indeks IDX BUMN20 di BEI periode 2008-2019. Perusahaan yang menjadi objek penelitian adalah BNI, BRI, Bank Mandiri, dan Telkom. Principal Component Analysis (PCA) adalah metode yang digunakan pada penelitian ini. Inflasi dan kurs memiliki korelasi yang rendah, sehingga dieliminasi dari penelitian. Hasil PCA membentuk tiga komponen utama dari reduksi sembilan variabel. Analisis regresi dilakukan untuk menguji pengaruh ketiga faktor tersebut terhadap return saham. Hasil regeresi komponen utama menunjukkan bahwa faktor pertama tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Faktor kedua dan faktor ketiga berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham. Faktor pertama disebut faktor moneter, faktor kedua disebut faktor PDB, dan faktor ketiga disebut faktor investasi. Faktor moneter, faktor PDB, dan faktor investasi perlu menjadi pertimbangan bagi investor dalam menentukan keputusan investasi. Ketiga faktor tersebut juga harus menjadi perhatian pemerintah dalam mengelola BUMN.

Kata Kunci : Analisis Komponen Utama; Return Saham; dan Variabel Ekonomi Makro

Subjek

INVESTMENT ANALYSIS
 

Katalog

ANALISIS KOMPONEN UTAMA UNTUK MENENTUKAN VARIABEL EKONOMI MAKRO YANG BERPENGARUH TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Indeks IDX BUMN20 Periode 2008-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANIEL MANUMPAK
Perorangan
ASTRIE KRISNAWATI, BRADY RIKUMAHU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini