ANALISIS PENGARUH SIKAP KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN (STUDI KASUS MAHASISWA KOTA BANDUNG)

UMARA DEWI SALWANI

Informasi Dasar

20.04.620
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Mahasiswa merupakan pribadi yang konsumtif dalam pengendalian keuangannya maka dari itu diperlukan sikap keuangan yang baik dengan ditunjang oleh literasi keuangan yang baik sehingga terciptanya perilaku manajemen keuangan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan keuangan baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Pendapatan orang tua pun turut menjadi faktor para mahasiswa untuk mengelola keuangan mereka. Karena mahasiswa cenderung memanfaatkan semaksimal mungkin pendapatan orang tua mereka untuk kebutuhan sehari-hari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan antara sikap keuangan, literasi keuangan, dan pendapatan orang tua terhadap perilaku manajemen keuangan pada mahasiswa di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis regresi lienar berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada empat ratus mahasiswa di Kota bandung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara sikap keuangan dan literasi keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan secara parsial berdasarkan uji hipotesis t, namun tidak ada pengaruh antara pendapatan orang tua terhadap perilaku manajemen keuangan secara parsial.

Kata Kunci: Perilaku Manajemen Keuangan Pribadi, Sikap Keuangan, Literasi Keuangan, Pendapatan Orang tua, Perilaku Konsumtif

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH SIKAP KEUANGAN, LITERASI KEUANGAN, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN (STUDI KASUS MAHASISWA KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

UMARA DEWI SALWANI
Perorangan
ANDRIETA SHINTIA DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini