ANALISIS FAKTOR AKUNTANSI DAN NON AKUNTANSI YANG MEMPENGARUHI NET INITIAL RETURN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Melakukan IPO/Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

DHIAN NURUL HIDAYATI

Informasi Dasar

20.04.546
657.833 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Net Initial Return (NIR) merupakan suatu keuntungan atau imbal hasil yang diperoleh investor karena adanya selisih antara harga saham hari pertama saat penutupan (closing price) dengan harga penawaran perdana (offering price). Keuntungan tersebut bisa diperoleh karena perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia mengalami underpricing. Underpricing merupakan hal yang harus dihindari oleh perusahaan, karena menyebabkan keuntungan lebih banyak diperoleh bagi investor dibandingkan bagi perusahaan. Hal tersebut menyebabkan perusahaan tidak bisa maksimal dalam menghimpun dana dari publik pada saat melakukan Initial Public Offering (IPO). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor akuntansi dan non-akuntansi yang mempengaruhi tingkat Net Initial Return (NIR). Faktor akuntansi meliputi Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), dan Firm Size. Faktor non-akuntansi meliputi Firm Age, Offering, dan Reputasi Underwriter. Selain itu, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial antara Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Firm Size, Firm Age, Offering, Reputasi Underwriter, dan Net Initial Return (NIR) pada perusahaan yang melakukan IPO/Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018 yaitu sebanyak 149 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapat sebanyak 95 perusahaan selama 5 tahun. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi EViews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Firm Size, Firm Age, Offering, Reputasi Underwriter secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Net Initial Return, di mana variabel dapat menjelaskan pengaruh terhadap Net Initial Return sebesar 28.57% dan sisanya 71.43% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Secara parsial, variabel Return on Assets (ROA) dan Reputasi Underwriter berpengaruh signifikan terhadap Net Initial Return dengan arah negatif. Sedangkan, variabel Debt to Equity Ratio (DER), Firm Size, Firm Age, Offering tidak berpengaruh terhadap Net Initial Return. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hanya Return on Assets (ROA) dan Reputasi Underwriter yang berpengaruh signifikan terhadap Net Initial Return dengan arah negatif. Saran bagi investor dalam menanamkan modal pada perusahaan IPO maupun bagi perusahaan yang akan melakukan IPO adalah untuk dapat mempertimbangkan nilai dari Return on Assets (ROA) maupun Reputasi Underwriter dalam pengambilan keputusan yang akan diambil.

Kata Kunci : Age, DER, NIR, Offering, Reputasi Underwriter, ROA, Size.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS FAKTOR AKUNTANSI DAN NON AKUNTANSI YANG MEMPENGARUHI NET INITIAL RETURN (Studi Empiris Pada Perusahaan yang Melakukan IPO/Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHIAN NURUL HIDAYATI
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

  • SA833046 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini