PENGARUH PENERAPAN SAP BERBASIS AKRUAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INTERNAL DAN KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG TAHUN 2019)

DINI LESTARI

Informasi Dasar

20.04.533
657.835
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sesuai dengan amanat dari PP Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), pemerintah wajib menerapkan akuntansi berbasis akrual dalam menyusun laporan keuangan. SAP Berbasis akrual yang berperan sebagai pedoman dapat menuntun Pemerintah Daerah untuk menyajikan laporan keuangan yang relevan, andal, dapat dipahami dan dapat dibandingkan, informatif dan berkualitas sehingga memiliki manfaat yang diperoleh serta membantu para pemangku kepentingan mengambil suatu keputusan internal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan SAP berbasis akrual dalam pengambilan keputusan internal dan kualitas pelaporan keuangan daerah pada Pemerintah Kota Bandung serta mengetahui pengaruh penerapan SAP berbasis akrual terhadap pengambilan keputusan dan kualitas pelaporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif dan regresi linier sederhana. Teknik penentuan sampel adalah non probability sampling dengan menggunakan metode sensus sampling. Populasi data yang digunakan adalah SKPD Kota Bandung dengan jumlah sampel yaitu 83 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial penerapan SAP berbasis akrual pada Pemerintah Kota Bandung memiliki pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan internal dan kualitas pelaporan keuangan pemerintah daerah. Variabel independen yaitu Penerapan SAP Berbasis Akrual mempengaruhi variabel dependen Pengambilan Keputusan Internal (Y1) sebesar 54,4% sedangkan Penerapan SAP Berbasis Akrual mempengaruhi variabel dependen Kualitas Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Y2) sebesar 59,7%.

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

PENGARUH PENERAPAN SAP BERBASIS AKRUAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INTERNAL DAN KUALITAS PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG TAHUN 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINI LESTARI
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini