ANALISIS PEMBENTUKAN DAN PENGUJIAN KINERJA PORTOFOLIO SAHAM OPTIMAL DENGAN SINGLE INDEX MODEL (Studi Kasus Saham Index IDX30 di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)

NOVIYANTI SUTANTO

Informasi Dasar

20.04.519
657.48
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Investasi saham adalah cara investor untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Tetapi investor pada pasar modal umumnya menginvestasikan dananya pada saham-saham yang memiliki return yang tinggi dengan risiko tertentu. Investor harus memperhatikan hal penting dalam melakukan investasi yaitu tingkat return dan risiko. Banyak investor yang berani menghadapi risiko seperti high risk, high expected return dalam melakukan investasi saham. Ada cara untuk meminimalkan risiko namun tetap dengan tingkat return yang menarik. Diversifikasi adalah hal penting yang dilakukan untuk meminimalkan risiko. Diversifikasi dilakukan dengan menyusun portofolio optimal. Dengan begitu dapat mengurangi tingkat risiko pada saham dan memaksimalkan return. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan portofolio optimal pada saham IDX30 dengan Single Index Model, serta untuk menguji kinerja dari portofolio optimal tersebut dengan Treynor Ratio. Kriteria yang masuk sampel adalah perusahaan yang secara konsisten masuk ke dalam indeks IDX30 di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pemilihan sampel yang menggunakan purposive sampling dan data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan yang konsisten masuk IDX30 di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018 yang berjumlah 16 perusahan. Sampel penelitian sebanyak 9 perusahaan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan terdapat 9 saham yang menjadi kandidat portofolio dari 16 saham yang diteliti. Dalam penelitian ini, tingkat pengembalian portofolio lebih besar daripada tingkat pengembalian pasar dan tingkat risiko portofolio lebih besar sebesar dari pada nilai risiko pasar. Penelitian ini membuktikan bahwa semakin besar tingkat risiko dari investasi maka akan semakin besar juga keuntungannya. Hasil pengukuran kinerja dengan treynor ratio didapati positif yang berarti portofolio layak untuk diinvestasikan. Saran yang dapat penulis berikan adalah sebaiknya penelitian selanjutnya untuk menggunakan harga saham closing price harian agar lebih detail, populasi dan sampelnya dapat gunakan selain saham IDX30 model pembentukan dan pengujian lain sehingga dapat diketahui lebih dan mengetahui di sektor lain. Bagi investor disarankan untuk memperhatikan kinerja dari portofolio. Portofolio dalam penelitian ini dikatakan layak untuk diinvestasikan karena memiliki nilai treynor yang positif.

Kata Kunci: Portofolio Optimal, Single Index Model, Treynor Ratio

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

ANALISIS PEMBENTUKAN DAN PENGUJIAN KINERJA PORTOFOLIO SAHAM OPTIMAL DENGAN SINGLE INDEX MODEL (Studi Kasus Saham Index IDX30 di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NOVIYANTI SUTANTO
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini