DETEKSI POSISI TARGET PADA KENDARAAN MENGGUNAKAN SISTEM RADAR FMCW DENGAN METODE SIX-PORT

NADHIFA SALSABILLA

Informasi Dasar

20.04.331
621.384 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu mobil harus mengetahui jarak dan kecepatan kendaraan disekitarnya untuk mendahului kendaraan lain dan menghindari tabrakan. Jika jarak dan kecepatan target tidak dimonitor dengan baik, maka akan berakibat buruk yang dapat menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu, diperlukan sistem radar untuk memantau jarak dan kecepatan pada kendaraan mobil.

Dalam Tugas Akhir ini dilakukan penelitian mengenai prinsip kerja sistem radar frekuensi 77GHz dan mensimulasikannya untuk memantau keadaan di sekitar kendaraan. Dalam hal ini, simulasi untuk deteksi jarak dan kecepatan kendaraan menggunakan radar (Frequency Modulated Continous Wave) FMCW . Radar FMCW sudah banyak digunakan dalam pengukuran jarak dan kecepatan karena pembangkitan sinyal yang sederhana. Namun, dalam pendeteksian radar FMCW terdapat gangguan false-alarm yang dapat menyebabkan kinerja sistem radar menurun. Penggunaan metode six port, dapat menekan false-alarm tersebut berkat pengukuran beda fasa. Dari pengukuran beda fasa tersebut dapat dilakukan perhitungan jarak yang tidak terdeteksi oleh radar FMCW.

Hasil simulasi yang didapatkan dari sistem radar FMCW menunjukkan error pendeteksian jarak sebesar 3,4%, sedangkan sistem radar FMCW dengan metode six port sebesar 3,38%. Dan pendeteksian kecepatan menunjukan akurasi yang baik. Dapat disimpulkan bahwa performasi menggunakan sistem radar FMCW dengan metode six port lebih baik.

Subjek

RADAR
 

Katalog

DETEKSI POSISI TARGET PADA KENDARAAN MENGGUNAKAN SISTEM RADAR FMCW DENGAN METODE SIX-PORT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADHIFA SALSABILLA
Perorangan
DHARU ARSENO, ALOYSIUS ADYA PRAMUDITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini