ANALISIS PENGARUH REDAMAN HUJAN TERHADAP PERFORMANSI BER PADA SISTEM FREE SPACE OPTIC

RIZKI MITRADA

Informasi Dasar

20.04.292
621.382 7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dunia telekomunikasi sekarang mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama dalam bidang wireless communication. Salah satu teknologi wireless communication adalah tentang Optical Wireless Communication (OWC). Salah satu penerapan dari teknologi ini adalah Free Space Optic (FSO). Penggunaan teknologi FSO dikembangkan sebagai jalur alternatif untuk mendampingi teknologi sebelumnya yaitu radio frekuensi.

Tugas Akhir ini melakukan perhitungan dan analisis tentang performansi sistem FSO. Performansi FSO dipengaruhi oleh redaman cuaca, atmosfer dan geometri. Redaman yang dihitung dan dianalisis adalah redaman hujan dengan menggunakan dua skenario panjang gelombang dan photodetector yang berbeda.

Hasil yang didapatkan dalam kalkulasi ini adalah komunikasi point to point Free Space Optic antara pengirim dan penerima pada hujan lebat menggunakan jenis photodetector PIN menghasilkan jarak pada panjang gelombang 1310 nm sepanjang 320 m dan pada panjang gelombang 1550 nm menghasilkan jarak sepanjang 380 m, sedangkan pada penggunaan photodetector APD dengan pada panjang gelombang 1310 nm menghasilkan jarak 370 m dan panjang gelombang 1550 nm dengan jarak 440 m . Kata Kunci : FSO, OOK, NRZ, BER, PIN, APD, Redaman Hujan

Subjek

Optical communication.
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH REDAMAN HUJAN TERHADAP PERFORMANSI BER PADA SISTEM FREE SPACE OPTIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI MITRADA
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, M IRFAN MAULANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini