IPv6 untuk Mendukung Operasi Jaringan dan Domain Name System

Onno W Purbo

Informasi Dasar

20.01.265
004.6
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
1

Untuk kelangsungan hidup internet, mau tidak mau kita harus mulai belajar dan memigrasi infrastuktur yang ada di IPv4 ke IPv6. Buku ini akan membahas mulai dari, "Apa itu IPv6? Mengapa IPv6 penting untuk kelanjutan internet?".

Berbagai detail IPv6, baik itu tentang penampakannya, cara menghitungnya, formatnya, mekanisme transisi hingga penggunaan IPv6 calc; berbagai tipe alamat IPv6 baik itu unspesified, prefix, unicast, multicast, link, local, global address; hingga teknik mengecek sistem, program, tool, maupun test kesiapan IPv6 di sisi ISP juga akan dijelaskan dengan detail dalam buku ini. Untuk operasi jaringan diterangkan berbagai teknik konfigurasi, teknik tunneling, routing hingga membuat Virtual Private Network (VPN) sendiri. Teknik mengamankan maupun audit sederhana keamanan jaringan, hingga membuat router sendiri menggunakan Ubuntu maupun OpenWRT pun dijelaskan. Pada lapisan aplikasi diterangkan teknik pengelolaan Domain Name System (DNS), server Database, Content Management System (CMS) hingga pembuatan e-mail server diterangkan dengan berbagai contohnya.

Memang tidak banyak teori yang dibahas dalam buku ini. Buku ini lebih banyak to the point membahas pengetahuan praktis yang perlu dimiliki oleh mereka yang ingin mengoperasikan IPv6 pada jaringan, router, dan server yang dipegangnya. Modal peralatan yang dibutuhkan tidak banyak, cukup sebuah laptop Linux saja. Semua konfirgurasi yang dicontohkan dalam buku ini, baik itu LAN, Server, Router, OpenWRT dan lain-lain, semua dapat disimulasikan menggunakan VirtualBox dan GNS3 di laptop. Hal ini menjadikan materi ini sangat cocok untuk pembelajaran di sekolah, kampus maupun bagi para admin jaringan. Semoga buku ini bermanfaat untuk membantu mengembangkan jaringan IPv6 di Indonesia.

Subjek

NETWORK
 

Katalog

IPv6 untuk Mendukung Operasi Jaringan dan Domain Name System
978-623-01-0287-5
xxii, 298p.: ill.; 23 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Onno W Purbo
Perorangan
 
 

Penerbit

Andi
Yogyakarta
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini