Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2017)

DEWI SARTIKA WIDYA ASTUTY

Informasi Dasar

20.04.062
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Pengungkapan Corporate Social Responsibility adalah mengungkapan laporan sosial, lingkungan, dan bidang ekonomi yang terdapat dalam laporan tahunan perusahaan dan laporan keberlanjutan perusahaan adalah sebagai rasa tanggung jawab perusahaan untuk investor atau stakeholder. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan analisis pengaruh Ukuran Perusahaan, ROA, dan ROE terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017. Populasi dalam penelitian ini seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Untuk metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan karakteristik yang telah dipilih dan jumlah sampel yang termasuk karakteristik berjumlah 22 perusahaan. Periode yang digunakan dalam penelitian ini selama 3 tahun sehingga jumlah observasi sampel sebanyak 66 data. Peneliti menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 9 dan pengujian hipotesis untuk menjelaskan hasil penelitian ini. Pada penelitian ini, penulis menggunakan dua laporan dalam melihat Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan, yaitu menggunakan sustainbility report dan annual report. Pedoman yang digunakan dalam melihat Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada penelitian ini yaitu GRI G4 dengan 91 item indikator. Hasil pengujian dalam penelitian ini secara simultan menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan, ROA, dan ROE berpengaruh secara simultan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Secara parsial, Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility,ROA tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan ROE tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Hasil penelitian ini, penulis berharap untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel independen dan variabel dependen selain yang digunakan dalam penelitian ini. Harapan untuk perusahaan, agar lebih luas dalam mengungkapan Corporate Social Responsibility dengan menggunakan laporan keberlanjutan secara lengkap sesuai dengan indikator GRI yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Pengungkapan Corporate Social Responsibility; Ukuran Perusahaan; ROA; ROE.

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI SARTIKA WIDYA ASTUTY
Perorangan
DUDI PRATOMO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2020

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini