Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Pembelian, Persediaan, dan Penjualan Barang Dagang (Studi Kasus di CV Nindya, Solok, Sumatra Barat)

ZAKIL FAWAZI

Informasi Dasar

19.06.749
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

CV Nindya adalah salah satu perusahaan dagang yang mulai didirikan pada bulan Februari 2003 yang berlokasi di pasar raya Solok, Sumatra Barat. Aktivitas utama perusahaan tersebut yaitu membeli dan menjual barang dagang. Proses pembelian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kendala yang dihadapi yaitu tidak adanya proses pencatatan akuntansi pembelian maupun penjualan. Selain itu perusahaan juga tidak mendata barang-barang yang ada di perusahaan. Oleh karena itu, solusi yang diperlukan oleh perusahaan adalah dengan adanya aplikasi yang bisa menangani pembelian, persediaan, dan penjualan barang dagang perusahaan. Tujuan aplikasi ini secara akuntansi adalah menangani pembelian, persediaan, penjualan barang dagang, menampilkan jurnal, buku besar, kartu stock dengan metode average, dan menampilkan grafik pembelian dan penjualan perusahaan, dan juga mempermudah bagian keuangan untuk memberikan informasi tentang laporan penjualan dan pembelian kepada pemilik. Untuk metode yang digunakan di dalam aplikasi adalah System Developement Life Cycle(SDLC), yang dimana untuk tahap analysis dilakukan dengan menggambarkan rich picture dan BPMN. Untuk tahap design dilakukan dengan membuat UML. Untuk tahap code digunakan aplikasi sublime text dengan bahasa pemograman Hypertext Preprocessor(PHP). Untuk tahap test dilakukan dengan metode pengujian black box testing. Berdasarkan tujuan, aplikasi ini telah mampu dalam mencatat seluruh transaksi pembelian dan penjualan, dan juga dapat menampilkan jurnal, buku besar, kartu stock dengan metode average, laporan penjualan, laporan pembelian, grafik penjualan dan pembelian, dan juga dapat mengirim notifikasi terkait total laporan penjualan dan pembelian per periode kepada pemilik.

Kata kunci :MySQL, PHP, pembelian, penjualan, average, akuntansi.

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Pembelian, Persediaan, dan Penjualan Barang Dagang (Studi Kasus di CV Nindya, Solok, Sumatra Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAKIL FAWAZI
Perorangan
ROCHMAWATI, ANAK AGUNG GDE AGUNG
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini