DETEKSI EMOSI MELALUI SINYAL BICARA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PREDICTIVE CODING (LPC) DENGAN KLASIFIKASI JARINGAN SARAF TIRUAN (JST)

HERMAWAN

Informasi Dasar

19.04.5029
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Manusia memiliki emosi atau perasaan yang membuatnya melalukan aktivitas tertentu, beberapa contoh emosi dari seseorang yang akan di deteksi diantaranya adalah gembira, marah, sedih, dan kaget. Emosi tersebut biasa disebut archetypal emosi. Sinyal suara yang di presentasikan dengan beberapa ciri, yaitu: fitur Linear Predictive Coding (LPC), satu teknologi yang telah ditemukan beberapa tahun lalu. Diantaranya teknologi yang terus dikembangkan adalah teknologi pengenalan emosi suara melalui sinyal suara. Dalam tugas akhir ini melalui analisis frekuensi suara manusia, dilakukan penelitian deteksi emosi melalui suara seseorang dengan menggunakan metode Linear Predictive Coding (LPC) orde 16 dengan klasifikasi Backpropagation pada Jaringan Saraf Tiruan. Pemilihan metode tersebut ditujukan untuk membagi data suara manusia menjadi beberapa kelas berdasarkan polanya dan mengklasifikasikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeteksi emosi manusia melihat dari parameter yang dicari akurasi dan optimasi yang terbaik pada sistem. Hasil pengujian menunjukkan bahwa akuras tertinggi yang didapatkan adalah 75% dengan menggunakan 6 feature statistic yaitu, mean, standar deviasi, skewness, variance, kurtosis, dan entropy dari 40 data latih dan 12 data uji serta parameter terbaik yang didapatkan adalah 12 window cepstral, 12 panjang matriks. Pengujian pada window cepstral terdapat 1 angka yang mendapatkan akurasi terbaik pada sistem, yaitu pada angka 12 dengan akurasi 85%, dan pengujian pada panjang matris maksimum terdapat 1 angka yang mendapatkan akurasi terbaik pada sistem, yaitu pada angka 12 dengan akurasi 87,5%.

Kata Kunci: Emosi, Linear Predictive Coding (LPC), Backpropagation, Jaringan Saraf Tiruan (JST).

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

DETEKSI EMOSI MELALUI SINYAL BICARA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LINEAR PREDICTIVE CODING (LPC) DENGAN KLASIFIKASI JARINGAN SARAF TIRUAN (JST)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HERMAWAN
Perorangan
NUR IBRAHIM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini