Aplikasi Pencatatan Biaya bahan Baku (BBB), Biaya Tenaga Kerja (BTK), dan Biaya Overhead Pabrik (BOP) Berbasis Web (Studi Kasus: PT Pinboo Pratama Jaya, Bandung)

ARIN PUSPITA DEWI

Informasi Dasar

19.06.717
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

PT Pinboo Pratama Jaya adalah salah satu badan usaha manufaktur yang mulai diresmikan pada tahun 2015 yang berlokasi di Jl. Gagak No. 150 Bandung. Aktivitas utama perusahaan yaitu memproduksi barang pin. Proses produksi dilakukan untuk memenuhi persediaan produk jadi. Kendala yang dihadapi perusahaan yaitu perhitungan harga pokok produksi tidak dilakukan dengan konsisten dalam menghitung Biaya Bahan Baku (BBB), Biaya Tenaga Kerja (BTK), dan Biaya Overhead Pabrik (BOP). Selain itu, perusahaan tidak melakukan pencatatan persediaan produk jadi sehingga kesulitan dalam melakukan pengecekkan jumlah safety stock produk jadi. Dengan adanya permasalahan tersebut maka solusi yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu adanya aplikasi terintegrasi. Metode yang digunakan dalam membuat aplikasi yaitu prototype dan menggunakan pemrograman berorientasi objek dengan bahasa pemrograman PHP Code Igniter dan basis data MySQL. Tujuan dari aplikasi ini yaitu dapat memberikan informasi persediaan barang jadi yang sudah mencapai safety stock, menangani perhitungan harga pokok produksi, mencatat persediaan produk dalam proses, dan menyajikan laporan serta catatan akuntansi.

Kata Kunci: Harga pokok produksi, aplikasi integrasi, PHP Code Igniter.

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

Aplikasi Pencatatan Biaya bahan Baku (BBB), Biaya Tenaga Kerja (BTK), dan Biaya Overhead Pabrik (BOP) Berbasis Web (Studi Kasus: PT Pinboo Pratama Jaya, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIN PUSPITA DEWI
Perorangan
RENNY SUKAWATI, MONTERICO ADRIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini