Aplikasi Pengelolaan Transaksi Penjualan dan Piutang Menggunakan Metode Umur Piutang (Studi Kasus di CV Slamet Quail Farm, Sukabumi)

ANGGRAH REZKA ALIFA

Informasi Dasar

19.06.716
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak--CV Slamet Quail Farm merupakan perusahaan yang bergerak di bidang budidaya ternak puyuh. Kegiatan utama di perusahaan selain budidaya ternak puyuh adalah melakukan penjualan dari hasil budidaya tersebut. Transaksi penjualan dilakukan secara tunai dan kredit dengan pencatatan atas transaksi penjualan masih dilakukan secara manual dengan menggunakan buku administrasi, dan melakukan perhitungan yang dilakukan menggunakan Microsoft Excel dengan merekap nota penjualan. Proses pencatatan dan perhitungan yang masih dilakukan secara manual ini, menyebabkan keterlambatan atas data laporan penjualan dan piutang. Maka dari itu, diperlukan suatu aplikasi agar transaksi penjualan yang dilakukan dapat terkomputerisasi sehingga dapat mempercepat dalam mencatat, menyimpan, mengolah dan menghasilkan data berupa laporan. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode siklus pengembangan perangkat lunak (SDLC) dan pengujian dilakukan menggunakan pengujian Black Box. Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan kepada pemilik, bagian penjualan dan bagian keuangan. Adapun kemudahan tersebut adalah aplikasi ini dapat menangani transaksi penjualan, transaksi retur penjualan, dan dapat mengelola piutang yaitu pembayaran piutang, menganalisis umur piutang, perhitungan estimasi piutang tak tertagih, penghapusan piutang dan pemberitahuan kepada pelanggan atas tanggal jatuh tempo pembayaran melalui Whatsapp. Hasil dari transaksi tersebut akan dimuat dalam jurnal umum, buku besar, buku pembantu piutang, neraca saldo, laporan penjualan, laporan piutang dan laporan analisis umur piutang. Kata Kunci : Penjualan; Piutang; Analisis Umur Piutang; SDLC; Black Box

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

Aplikasi Pengelolaan Transaksi Penjualan dan Piutang Menggunakan Metode Umur Piutang (Studi Kasus di CV Slamet Quail Farm, Sukabumi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGRAH REZKA ALIFA
Perorangan
IRNA YUNIAR, ROCHMAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini