Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Simpan Pinjam dan Sisa Hasil Usaha Koperasi (Studi Kasus: Koperasi Bhakti Makmur, Margahayu, Kabupaten Bandung)

DINDA VIRGIARINI

Informasi Dasar

19.06.710
657.028 54
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Koperasi Bhakti Makmur merupakan primer koperasi TNI-AU yang terletak di Markas Komando Korps Pasukan Khas Lanud Sulaiman, Margahayu, Kabupaten Bandung. Koperasi Bhakti Makmur ini memiliki tiga unit usaha, yakni unit toko yang menyediakan kebutuhan pokok anggota maupun non anggota, unit simpan pinjam yang melayani simpanan dan pinjaman bagi anggota, dan unit jasa. Namun yang aktif beroperasi di kantor hanya unit toko dan unit simpan pinjam. Pencatatan simpanan dan pinjaman anggota di unit simpan pinjam masih dilakukan secara manual menggunakan Microsoft Excel. Pencatatan yang dilakukan secara manual membuat lamanya pencatatan administrasi, sulitnya melakukan pencarian, sulitnya mengendalikan keluarnya kas, serta kesalahan dalam perhitungan maupun pencatatan setiap transaksi yang terjadi. Pembuatan aplikasi untuk koperasi unit simpan pinjam merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut guna mendukung proses bisnis yang lebih baik. Fungsionalitas yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah pengelolaan data anggota masuk dan keluar, pengelolaan simpanan anggota yang terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. Pinjaman anggota, angsuran atas pinjaman, serta perhitungan hasil usaha koperasi. Selain itu, aplikasi ini juga mampu menyajikan laporan simpanan, laporan pinjaman, jurnal umum, buku besar, laporan perhitungan hasil usaha, dan neraca guna pencatatan akuntansi yang dibutuhkan. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model yang digunakan adalah waterfall. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, aplikasi ini sudah diimplementasikan, diuji, dan dapat digunakan.

Kata Kunci: koperasi, aplikasi berbasis web, framework CI, SDLC

Subjek

COMPUTER PROGRAMS FOR BUSINESS
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Simpan Pinjam dan Sisa Hasil Usaha Koperasi (Studi Kasus: Koperasi Bhakti Makmur, Margahayu, Kabupaten Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINDA VIRGIARINI
Perorangan
RENNY SUKAWATI, MAGDALENA KARISMARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini