Aplikasi Berbasis Web untuk Perhitungan Biaya Produksi pada Produk Makanan Kemasan dengan Menggunakan Metode Process Costing (Studi Kasus di CV Restu Mande, Bandung)

DWI PANGESTU AJI

Informasi Dasar

19.06.708
657.028 5
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Restu Mande adalah salah satu perusahaan industri makanan yang memproduksi produk dua makanan khas padang. Dalam proses perhitungan biaya-biaya saat produksi dilakukan, pemilik Restu Mande masih menghitung berdasarkan perkiraan biaya dari bahan utama produk dua dan biaya gaji pegawai tanpa mempertimbangkan biaya yang sesungguhnya. Biaya sesungguhnya adalah biaya yang mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Tetapi pada kenyataannya, perhitungan biaya produksi yang terjadi di Restu Mande tidak mempertimbangkan biaya yang sudah dikeluarkan sehingga membuat biaya produksinya menjadi tidak sesuai dengan perhitungan yang sudah dihitung. Biaya produksi yang tidak sesuai akan menyebabkan harga pokok terlalu tinggi, yang akan menurunkan daya saing produk dan akhirnya dapat menurunkan laba. Untuk itu, biaya produksi harus dicatat dengan baik dan dihitung dengan benar sehingga dapat menghasilkan harga pokok produk dua yang tepat dan dapat menentukan harga jual yang kompetitif. Dalam membantu perusahaan dalam mencatat biaya-biaya produksi, menentukan biaya produksi, menghasilkan laporan biaya produksi, jurnal, dan buku besar, maka dibuatlah aplikasi ini. Aplikasi ini akan menghitung biaya yang dikeluarkan selama proses produksi berlangsung. Perhitungan biaya produksi pada aplikasi ini menggunakan metode process costing. Aplikasi ini memiliki fungsionalitas yaitu mampu mencatat data produksi, menghitung biaya produksi, menghasilkan laporan biaya produksi serta catatan akuntansi berupa jurnal dan buku besar. Aplikasi ini dibangun menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Implementasi yang diterapkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Pengujian dilakukan dengan metode Blackbox Testing terhadap dari fungsionalitas aplikasi dan hasil dari pengujian aplikasi sudah sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja, Biaya Overhead Pabrik, Biaya Produksi, Process Costing, Entity Relationship Diagram.

Subjek

Accounting and computing
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Perhitungan Biaya Produksi pada Produk Makanan Kemasan dengan Menggunakan Metode Process Costing (Studi Kasus di CV Restu Mande, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWI PANGESTU AJI
Perorangan
ROCHMAWATI, MONTERICO ADRIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini