IMPLEMENTASI BLOK PENERIMA VISIBLE LIGHT COMMUNICATION UNTUK SMART PARKING

IMAM RABBANI

Informasi Dasar

19.06.617
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sistem palang pintu parkir di berbagai lokasi, rata-rata menggunakan kabel ataupun Bluetooth yang di koneksikan ke tombol atau saklar untuk membuka dan menutup palang pintu parkir, dan adapun yang menggunakan tombol karcis untuk merekam identitas kendaraan, mengeluarkan karcis, lalu membukakan palang pintu parkir menjadi masalah menantang, seperti antrian kendaraan yang cukup padat karena proses Sistem parkir yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Di karenakan sistem Parkir di atas tidak dapat di andalkan untuk sistem parkir yang lebih cepat, pada proyek akhir ini telah dilakukan penelitian terkait karakteristik beberapa Sensor photodiode yang ada di pasaran yang telah digunakan sebagai sistem receiver dari komunikasi cahaya tampak. Jenis photodiode yang telah digunakan untuk penerimaan data teks dari Visible Light Communication (VLC) adalah photodiode 5 mm. Dari penelitian ini, dipaparkan karakteristik dari masing – masing jenis photodiode yang digunakan pada kondisi sebenarnya di dalam dan luar ruangan dengan mempertimbangkan pengaruh cahaya lain, sehingga hasil dari penerimaan VLC pada photodiode dapat menerima data teks dengan jarak yang cukup jauh, yaitu lebih dari 150 cm menggunakan Komunikasi Pulse Width Modulation (PWM) dari pengirim dengan frekuensi sebesar 490 hz dengan waktu yang efisien.

Hasil penelitian dan pemilihan photodiode pada receiver yang telah digunakan penulis untuk menerima data kendaraan sepeda motor yaitu dengan cara menerima data dari pengirim dengan modulasi PWM. Disisi jarak, data yang benar efektif dan receiver merespon dengan baik yaitu 220cm pada siang hari dengan nilai lux 245 dan 290cm pada malam hari dengan nilai lux 163. Lalu disisi delay, nilai rata-rata dari penerimaan data dari pengirim yaitu 0,28 detik. Serta disisi sudut, respon penerima pada rentan jarak 50 sampai 90cm dan data yang efektif yaitu pada sudut 5 derajat

Kata kunci : VLC, Receiver, Photodiode, palang pintu parkir.

Subjek

TELECOMMUNICATION
 

Katalog

IMPLEMENTASI BLOK PENERIMA VISIBLE LIGHT COMMUNICATION UNTUK SMART PARKING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IMAM RABBANI
Perorangan
DENNY DARLIS, ARIS HARTAMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini