ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM PADA FUNGSI KEUANGAN DAN PROMOSI (STUDI KASUS: DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT)

WILDAN FAUDZAN MAULANA HARYONO

Informasi Dasar

19.04.4768
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam mengoptimalkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Bandung Barat harus mampu menyelaraskan antara layanan bisnis dengan teknologi informasi yang ada, khususnya pada Fungsi Keuangan dan Fungsi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Enterprise Architecture merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelaraskan antara strategi bisnis dengan teknologi informasi dan mendukung program SPBE. Dalam melakukan perancangan EA dibutuhkan framework arsitektur untuk mengembangkan lingkup pembahasan secara luas dari sisi bisnis, aplikasi, data, dan teknologi. Framework yang digunakan pada perancangan ini adalah TOGAF ADM yang terdiri dari 9 fase. Pada penelitian ini, peneliti mengambil studi kasus pada Fungsi Keuangan dan Fungsi Promosi dengan melaksanakan 7 fase TOGAF ADM mulai dari fase preliminary phase sampai fase migration planning, dengan menjadikan Government Service Bus (GSB) sebagai teknologi utama.

Enterprise Architecture yang diharapkan dapat mempermudah pencapaian tujuan strategis yang sesuai dengan Fungsi Keuangan dan Fungsi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam hal peningkatan fungsi bisnis, sistem informasi, dan teknologi informasi yang digunakan. Dari penelitian ini akan dihasilkan output berupa cetak biru dari rancangan Enterprise Architecture pada Fungsi Keuangan dan Fungsi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan juga rekomendasi pengembangan TI dalam bentuk peta jalan TI.

Kata Kunci : SPBE, Enterprise Architecture, TOGAF ADM, GSB

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA TOGAF ADM PADA FUNGSI KEUANGAN DAN PROMOSI (STUDI KASUS: DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PEMERINTAH KABUPATEN BANDUNG BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WILDAN FAUDZAN MAULANA HARYONO
Perorangan
NIA AMBARSARI, RAHMAT MULYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3A4 - ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT
  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISG3H3 - INTEGRASI APLIKASI ENTERPRISE
  • ISH4X3 - PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini