KLASIFIKASI PERTANYAAN BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF DARI TAKSONOMI BLOOM MENGGUNAKAN PENDEKATAN NAIVE BAYES (STUDI KASUS: TELKOM UNIVERSITY)

ANNISA ANINDITYA

Informasi Dasar

19.04.4767
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Bloom Taksonomi merupakan kesatuan dari tiga Domain, yang dibagi menjadi lower order dan high order berdasarkan pada Domain Kognitif Bloom Taksonomi, level tersebut digunakan untuk mengklasifikasi tujuan pembelajaran dan menjadi tolak ukur evaluasi pencapaian peserta didik. Pada dasarnya evaluasi pencapaian peserta didik dapat dilakukan dengan pemberian pertanyaan. Pertanyaan yang diberikan lalu diklasifikasi berdasarkan level pada Domain Kognitif. Namun, untuk kasus yang terjadi pada Universitas Telkom tidak adanya proses yang dilakukan secara terpusat untuk melakukan kontrol pemeriksaan kesesuaian mata kuliah dengan validasi soal apakah sudah sesuai atau tidak. Penggunaan metode Naive Bayes dalam mengklasifikasi pertanyaan berdasarkan level pada Domain Kognitif menjadi solusi dalam penelitian ini yang nantinya akan menjadi model prediksi pertanyaan. Data yang digunakan berdasarkan soal UTS dan UAS untuk mata kuliah Sistem Basis Data, Struktur Data dan Algoritma, Struktur Data dan Pemrograman Lanjut, Manajemen Basis Data, Pengembangan Aplikasi Web, Pemrograman Berorientasi Objek, dan Algoritma dan Pemrograman untuk Program Studi Strata 1 Sistem Informasi di Univesitas Telkom dari tahun ajaran 2012/2013 sampai 2018/2019. Pengklasifikasian menggunakan metode naïve bayes dibantu dengan fitur dari TF-IDF untuk pembobotan kata, yang menghasilkan tingkat akurasi precision 85%.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

KLASIFIKASI PERTANYAAN BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF DARI TAKSONOMI BLOOM MENGGUNAKAN PENDEKATAN NAIVE BAYES (STUDI KASUS: TELKOM UNIVERSITY)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA ANINDITYA
Perorangan
MUHAMMAD AZANI HASIBUAN, EDI SUTOYO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4M3 - DATA WAREHOUSE DAN INTELIJEN BISNIS
  • ISH4L3 - MANAJEMEN BASIS DATA
  • ISH4N3 - PENGGALIAN DATA DAN ANALITIKA BISNIS
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini