ANALISIS PROSES SISTEM VIRTUALISASI DALAM FUNGSI NFS (NETWORK FILE SYSTEM) PADA PENYIMPANAN NODE IPFS (INTERPLANETARY FILE SYSTEM)

SAYYID PRATAMA SHIDDIQ

Informasi Dasar

19.04.4750
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

IPFS (InterPlanetary File System) adalah sebuah sistem file yang menggunakan metode peer to peer dalam komunikasi dan berbagi hypermedia dalam sistem file yang terdistribusi. Dalam implementasinya IPFS akan diletakkan pada sebuah model sumber daya virtualisasi, dengan menggunakan sistem operasi yang di dalamnya terdapat sebuah mekanisme sistem menggunakan NFS (Network File System). NFS akan menghubungkan penyimpanan IPFS menuju sistem operasi pada sumberdaya virtualisasi yang lain dengan melakukan mounting antara kedua sistem operasi. Penelitian ini memiliki acuan berupa pengujian terhadap suatu aristektur proses sitem yang melibatkan IPFS dan NFS dalam prosesnya akan dilihat apakah integritas data tetap terjaga serta bagaimana nilai Quality of Service berdasarkan mekanisme yang dijalankan. Pengujian pada sistem memiliki ukuran file yang bervariasi untuk dapat digunakan di dalam implementasi add file dan get file yang terhubung dengan sebuah peers melalui Internet. Pengujian dilakukan untuk mendapatkan sifat sistem pada aspek Quality of Service, seperti time, throughput, delay, processor dan memori selama sistem berjalan. Beban file yang akan digunakan bervariasi untuk mendapatkan data performa dari proses sistem yang digunakan. Pengujian dilakukan berupa percobaan pada data yang didapat dan dijadikan nilai rata-rata dari setiap beban sehingga mendapat nilai tengah yang tepat untuk mengetahui sifat sistem virtualisasi terhadap beban yang telah diberikan. Hasil dari pengujian skenario menyatakan bahwa dalam fungsi IPFS add akan memberikan identitas informasi hash yang sama sewaktu melakukan pengunggahan di node yang berbeda dengan file yang sama dan fungsi IPFS get akan mengembalikan nilai hash yang sama pula sesuai dengan file yang diambil. Untuk hasil pengujian QoS nilai dari throughput, delay, packet loss berdasarkan 15 jenis beban files yang ada menghasilkan nilai yang fluktuatif namun berdasarkan standar TIPHON, nilai yang dihasilkan memiliki rentang sangat sangat baik hingga buruk. Kata Kunci : IPFS, Virtualisasi, Peer to peer, Quality of Service. Kata : 277

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

ANALISIS PROSES SISTEM VIRTUALISASI DALAM FUNGSI NFS (NETWORK FILE SYSTEM) PADA PENYIMPANAN NODE IPFS (INTERPLANETARY FILE SYSTEM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAYYID PRATAMA SHIDDIQ
Perorangan
AVON BUDIONO, ADITYAS WIDJAJARTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IS3313 - JARINGAN KOMPUTER
  • IE2723 - JARINGAN TELEKOMUNIKASI
  • IS2363 - SISTEM OPERASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini