ANALISIS DAN PERANCANGAN DATA QUALITY MANAGEMENT (DQM) BERBASIS DAMA-DMBOK V2: STUDI KASUS DI PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO)

GAGAH MERUDANDA

Informasi Dasar

19.04.4729
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur, dan mengurus jasa angkutan kereta api di Indonesia. Untuk menghadapi era modernisasi dan semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi membuat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) harus melakukan pengembangan khususnya dalam struktur, operasional, dan manajemen. Tak terkecuali pengembangan dalam hal struktur pengelolaan data khususnya pengelolaan data pelanggan. Sebagai perusahaan yang berorientasikan kepada pelanggan, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) perlu memperhatikan tata kelola data untuk pelanggan agar dapat memberikan pelayanan terbaiknya. Namun berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa tata kelola data pelanggan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya masalah dalam pengelolaan data pelanggan seperti, redudansi data, kebocoran informasi, hilangnya data, dan pelanggaran keamanan informasi. Maka dari itu diperlukan adanya perancangan tata kelola data yang baik untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan. Perancangan tata kelola data di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dilakukan menggunakan kerangka kerja DAMA-DMBOK yang mengacu kepada tujuan dari tata kelola data. Fokus penelitian ini dilakukan pada kualitas data perusahaan khususnya pada pengelolaan kualitas data pelanggan. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi kondisi kualitas data yang ada saat ini dengan kondisi tata kelola data khususnya Data quality management yang sesuai dengan DAMA-DMBOK. Hasil penelitian berupa assessment isu data, assessment risiko dan rekomendasi people, process dan teknologi.

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN DATA QUALITY MANAGEMENT (DQM) BERBASIS DAMA-DMBOK V2: STUDI KASUS DI PT.KERETA API INDONESIA (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GAGAH MERUDANDA
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, RAHMAT MULYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • IS4443 - AUDIT SISTEM INFORMASI
  • ISH4W3 - MANAJEMEN DATA ENTERPRISE
  • ISH4U3 - MANAJEMEN RESIKO DAN KEAMANAN INFORMASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini