Fanatisme Komunitas Viking Persib Club (Studi Kasus Mengenai Perilaku Komunikasi Suporter Dalam Mendukung Persib Bandung)

FIRMANSYAH

Informasi Dasar

19.04.4714
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sepak Bola adalah salah satu olahraga terpopuler di dunia, di Indonesia khususnya sepak bola dijadikan sebagai sarana hiburan oleh masyarakat setempat, dalam setiap pertandingan stadion selalu dipenuhi oleh puluhan ribu suporter yang dimana tujuan utamanya adalah untuk mendukung tim kesayangannya. Dalam hal ini Persib Bandung adalah salah satu tim di Indonesia yang mempunyai basis suporter terbanyak serta yang mempunyai fanatisme tinggi di Indonesia, kelompok suporter tersebut adalah Viking Persib Club. Metode yang peneliti gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan tahap verification. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Viking Persib Club mempunyai perilaku komunikasi dalam mendukung Persib dapat dilihat dari dua aspek yaitu verbal dan non verbal. Dari aspek Verbal Viking selalu mengumandangkan chants dan membentangkan spanduk di stadion, sedangkan aspek non verbal Viking selalu menggunakan atribut, aksi koreografi, perubahan ekspresi, dan gesture. Sedangkan dilihat dari fanatisme, para anggota Viking selalu melakukan pengorbanan, antusiasme yang tinggi untuk mendukung langsung ke stadion, serta menganggap bahwa Persib adalah budaya Sunda dan Jawa Barat.

Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Fanatisme, Suporter, Viking Persib Club

Subjek

COMMUNICATION BEHAVIOUR
 

Katalog

Fanatisme Komunitas Viking Persib Club (Studi Kasus Mengenai Perilaku Komunikasi Suporter Dalam Mendukung Persib Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRMANSYAH
Perorangan
RUTH MEI ULINA MALAU
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • BMH2G3 - PERILAKU KONSUMEN
  • COH2A3 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • KII2C2 - PSIKOLOGI KOMUNIKASI
  • KII2M3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini