Analisis Perubahan Persepsi Jamaah Dakwah Ustadz Evie Effendi di Kota Bandung (Studi Kasus "Salah Tafsir" Ustadz Evie Effendi)

NADHILLAH KUSINDRIANI

Informasi Dasar

19.04.4713
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Ustadz Evie Effendi merupakan seorang publik figur yang dikenal oleh masyarakat sebagai ustadz kekinian yang menggunakan bahasa Sunda ketika ceramah. Persepsi yang diberikan masyarakat khususnya jamaah dakwah ustadz Evie Effendi positif sampai pada akhirnya ustadz Evie terkena kasus “salah tafsir” pada bulan Agustus 2018 ketika ia salah menfasirkan ayat dalam suatu surat di Al-Quran. Terjadinya kasus “salah tafsir” memberikan dampak yang cukup besar bagi ustadz Evie Effendi salah satunya adalah banyak dari jamaah dakwah ustadz Evie Effendi di Kota Bandung yang tidak lagi setia mengikuti kegiatan ceramah yang dilakukan ustadz Evie Effendi. Adanya dampak yang terjadi dari kasus “salah tafsir” mendorong peneliti untuk melihat bagaimana perubahan persepsi yang terjadi pada jamaah dakwah ustadz Evie Effendi di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus menggunakan konsep Yin (2015). Informan kunci yang digunakan dalam penelitian ini adalah jamaah dakwah ustadz Evie Effendi di Kota Bandung yang minimal sudah tiga kali mengikuti kajian ceramah ustadz Evie Effendi secara langsung dan mengetahui kasus “salah tafsir” yang menjerat ustadz Evie Effendi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan persepsi yang terjadi pada jamaah dakwah ustadz Evie Effendi di Kota Bandung berbeda untuk kalangan usia dewasa (40 – 50 tahun) dan remaja (20 tahun) serta bersifat sementara yang disebabkan kultur masyarakat Indonesia yang permisif.

Kata Kunci: Ceramah, perubahan persepsi, kasus “salah tafsir”, kualitatif

Subjek

Communication-psychology
 

Katalog

Analisis Perubahan Persepsi Jamaah Dakwah Ustadz Evie Effendi di Kota Bandung (Studi Kasus "Salah Tafsir" Ustadz Evie Effendi)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADHILLAH KUSINDRIANI
Perorangan
MARTHA TRI LESTARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini