ANALISIS PEMBINGKAIAN PEMBERITAAN #2019GantiPresiden (Analisis Framing Pan dan Kosicki pada Media Online kompas.com dan Detik.com Periode 27 Agustus 2018)

MAULANDA SARI PUTRI

Informasi Dasar

19.04.4702
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang pembingkaian berita yang dilakukan oleh media online Kompas.com dan Detik.com dalam pemberitaan #2019GantiPresiden, berita yang di analisis dari kedua media tersebut adalah berita yang memiliki tema dan objek yang sama namun memiliki isi yang jauh berbeda. Metode analisis yang digunakan adalah Framing Pan dan Kosicki. Dalam menganalisis, metode ini menggunakan empat struktur yang terdiri dari, Struktur Sintaksis, yaitu bagaimana wartawan menyusun peristiwa, Struktur Skrip yaitu bagaimana wartawan mengisahkan atau menceritakan peristiwa ke dalam bentuk berita, Struktur Tematik yaitu bagaimana wartawan mengungkapkan pandangan atas peristiwa ke dalam proposisi, kalimat atau hubungan antar kalimat yang membentuk teks secara keseluruhan, dan Struktur Retoris yaitu bagaimana wartawan menekankan arti tertentu ke dalam berita. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Kompas.com membingkai pemberitaan #2019GantiPresiden dengan lebih netral dan lebih objektif. Sedangkan pembingkaian yang dilakukan oleh Detik.com menunjukkan aspek-aspek negative atau kontra terhadap pemberitaan #2019GantiPresiden dimana gerakan tersebut banyak mengandung kebencian dan tidak menghargai Presiden Jokowi sebagai capres untuk naik ke periode selanjutnya.

Kata kunci: Analisis Framing, Pan dan Kosicki, Media Online, Pemberitaan #2019GantiPresiden.

Subjek

COMMUNICATION
 

Katalog

ANALISIS PEMBINGKAIAN PEMBERITAAN #2019GantiPresiden (Analisis Framing Pan dan Kosicki pada Media Online kompas.com dan Detik.com Periode 27 Agustus 2018)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAULANDA SARI PUTRI
Perorangan
FREDDY YUSANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini