ANALISIS PERANCANGAN REFERENSI UNTUK MANUFAKTUR SEPATU MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOGAF ADM PADA FUNGSI SUPPORT ACTIVITY DENGAN REFERENSI ERP

AYU SARASWATI OKTAVIANI

Informasi Dasar

19.04.4687
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manufaktur adalah proses merubah bahan baku menjadi suatu produk berupa produk setengah jadi atau barang jadi yang mempunyai nilai tambah yang di lakukan secara mekanis. Manufaktur sepatu menjadi salah satu prospek pada area manufaktur yang memiliki pangsa pasar yang baik. Dengan begitu, perusahaan pada manufaktur sepatu harus memiliki kinerja yang maksimal pada fungsi bisnis nya untuk tetap bersaing dengan perusahan lainnya.

Dalam pengoprasian support activity pada manufaktur sepatu yaitu fungsi keuangan, kepegawaian, teknologi dan penggadaan sebagai penunjang proses bisnis utama yang berjalan masih mengalami kendala yaitu belum optimalnya penggunaan sistem, dengan begitu manufaktur sepatu membutuhkan teknologi informasi yang meningkatkan produktivitas dalam mengelola sumber daya yang dimiliki. Oleh karena itu, perancangan enterprise architecture adalah solusi yang dapat digunakan untuk menyelaraskan antara strategi bisnis dengan teknologi informasi.

Perancangan enterprise architecture pada penelitian ini menggunakan framework TOGAF ADM yang terdiri dari 9 fase, namun fase yang digunakan untuk merancang EA ini hanya 4 fase yaitu preliminary phase, architecture vision, business architecture, information system architecture dan technology architecture.

Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan output berupa cetak biru (blue print) berupa model referensi arsitektur berdsarkan ERP Odoo yang diharapkan dapat mempermudah pencapaian tujuan strategis yang sesuai dengan fungsi support activity di manufaktur sepatu dalam hal peningkatan fungsi bisnis, sistem informasi, dan teknologi informasi yang digunakan.

Kata Kunci : Manufaktur, Enterprise Architecture, TOGAF ADM, Support Activity, Odoo

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

ANALISIS PERANCANGAN REFERENSI UNTUK MANUFAKTUR SEPATU MENGGUNAKAN PENDEKATAN TOGAF ADM PADA FUNGSI SUPPORT ACTIVITY DENGAN REFERENSI ERP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AYU SARASWATI OKTAVIANI
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, RIDHA HANAFI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini