ANALISIS DAN DESAIN CABLING MANAGEMENT PADA DATA CENTER MENGGUNAKAN STANDAR ANSI/TIA-942 DAN METODE PENDEKATAN PPDIOO LIFE CYCLE (STUDI KASUS DATA CENTER PT XYZ)

YOSAFAT DHIMAS KURNIA ADI

Informasi Dasar

19.04.4670
658.403 801 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT XYZ bukan nama perusahaan sebenarnya, yang merupakan sebuah perusahaan yang terletak di Pulau Jawa yang bergerak di bidang penyedia layanan jaringan salah satunya data center, yang mengkhususkan diri untuk membantu usaha kecil dan menengah dalam rangka memberikan solusi dalam bidang komunikasi yang hemat biaya. Dalam mengelola banyaknya data dari client yang terdapat di data center PT XYZ, tentunya dibutuhkan sebuah data center yang dapat menunjang operasional dari setiap data-data client yang dikelola. Namun, sampai saat ini pembangunan data center di PT XYZ, khususnya pada cabling management masih belum memenuhi standar ANSI/TIA-942 untuk data center seperti peletakan kabel power dan kabel data yang masih pada satu pengelompokan, dan pelabelan pada perangkat. Pengelolaan pengkabelan yang efektif seperti pengelompokan kabel sesuai dengan jenisnya di dalam rak perangkat dan tray sangat penting dilakukan oleh PT XYZ agar dapat dengan mudah dalam pengelolaan pengkabelan. Manfaat yang diperoleh adalah kabel terlihat rapi dan terstruktur serta meminimalkan kesalahan dalam melakukan pengelolaan pada sistem pengkabelan di computer room. Selain itu dapat menghasilkan udara pendingin yang stabil, dan dapat menghemat waktu dalam pengelolaanya. Penelitian ini menggunakan standar ANSI/TIA-942 dalam lingkup cabling management dan metode pendekatan PPDIOO life cycle sampai tahap ketiga: Prepare, Plan, dan Design. Penggunaan metode ini dinilai cocok untuk pengembangan jangka panjang pada data center PT XYZ sendiri. Hasil dari penelitian ini adalah berupa usulan rancangan kabel data dan kabel power, sistem pelabelan yang sistematis sesuai standar ANSI/TIA-606-B, serta SOP pelabelan dan pemasangan kabel untuk client baru pada data center sesuai dengan kondisi saat ini pada data center PT XYZ, dengan harapan nanti dapat berguna bagi perkembangan perusahaan yang lebih baik.

Subjek

MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
 

Katalog

ANALISIS DAN DESAIN CABLING MANAGEMENT PADA DATA CENTER MENGGUNAKAN STANDAR ANSI/TIA-942 DAN METODE PENDEKATAN PPDIOO LIFE CYCLE (STUDI KASUS DATA CENTER PT XYZ)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOSAFAT DHIMAS KURNIA ADI
Perorangan
M. TEGUH KURNIAWAN, UMAR YUNAN KURNIA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH423 - MANAJEMEN PUSAT DATA
  • ISH4A2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4C2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini