ANALISIS PREDIKSI PEMILIHAN BIDANG PEMINATAN MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI DENGAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM)

ANAWAHIDAH RIZKY MANURUNG

Informasi Dasar

19.04.4543
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam pemilihan bidang peminatan saat di perkuliahan, mahasiswa sering memilih tidak sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa tersebut. Sehingga dapat mempengaruhi keberlangsungan dalam masa perkuliahan. Penggunaan klasifikasi pemilihan bidang peminatan dengan metode Decision Tree akan diterapkan untuk memprediksi pemilihan bidang peminatan yang akan diambil oleh mahasiswa sehingga mahasiswa tidak salah dalam memilih bidang peminatan serta mempermudah perencana akademik dalam mengambil keputusan pemilihan bidang peminatan. Proses klasifikasi data tersebut akan menggunakan algoritma C.45 menggunakan bantuan aplikasi RapidMiner untuk mengetahui performa akurasi terbaik. Untuk kriteria pemilihan bidang peminatan berdarkan data akademik yang berasal dari I-Gracias (Portal Akademik Universitas Telkom). Hasil analisis klasifikasi yang didapatkan berupa model prediksi dengan akurasi sebesar 92.33% dan faktor yang paling mempengaruhi dalam prediksi pemilihan bidang peminatan adalah PP1 (Pilihan Peminatan 1). Hasil analisis pemilihan bidang peminatan tersebut nantinya diharapkan dapat digunakan untuk menentukan prediksi bidang peminatan yang akan diambil oleh mahasiswa guna menentukan peminatan yang akan di ambil sesuai dengan latar belakang, minat dan kemampuannya sendiri.

Kata kunci - Klasifikasi, Prediksi, Pemilihan Bidang Peminatan, Decision Tree, Algoritma C.45, RapidMiner.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

ANALISIS PREDIKSI PEMILIHAN BIDANG PEMINATAN MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI DENGAN ALGORITMA C4.5 (STUDI KASUS : PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANAWAHIDAH RIZKY MANURUNG
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, MUHAMMAD AZANI HASIBUAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4M3 - DATA WAREHOUSE DAN INTELIJEN BISNIS
  • ISH4N3 - PENGGALIAN DATA DAN ANALITIKA BISNIS
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini