ANALISIS PREDIKSI PEMILIHAN BIDANG PEMINATAN MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM)

SYARAH NUR LATIFAH

Informasi Dasar

19.04.4524
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Program studi Sistem Informasi di Universitas Telkom menyediakan tujuh bidang peminatan yang tergabung dalam dua Kelompok Keahlian untuk mendukung fokus bidang keilmuan bagi mahasiswanya. Mahasiswa seringkali dihadapkan pada masalah dimana mereka kesulitan menentukan peminatan yang sesuai dengan potensi mereka. Masalah ini diakibatkan karena kurangnya informasi yang masuk untuk pertimbangan pemilihan bidang peminatan serta kurang pahamnya kompetensi mereka yang cocok terhadap peminatan yang tersedia. Sehingga, pada akhirnya mereka memilih peminatan tanpa melihat kompetensi yang dimiliki atau hanya mengikuti rekomendasi teman tanpa melihat kemampuan akademisnya.

Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap pemilihan bidang peminatan di program studi Sistem Informasi dengan menggunakan metode Klasifikasi dari algoritma Artificial Neural Network (ANN). Algoritma ini dipilih karena memiliki kelebihan yaitu kemampuan beradaptasi, nonlinier, modularitas, dan keterbukaan terhadap data yang noise dan tidak jelas. Penelitian ini diharapkan akan memberi rekomendasi dalam membantu mahasiswa memilih peminatan yang sesuai dengan kompetensi mereka. Pada kasus ini, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan atribut NIM, rata-rata nilai matakuliah prasyarat peminatan pilihan pertama, rata-rata nilai matakuliah prasyarat peminatan pilihan kedua, pilihan peminatan pertama, pilihan peminatan kedua, dan peminatan yang dipilih mahasiswa.. Hasilnya menunjukkan bahwa akurasi menggunakan proses ini adalah sekitar 94,81%. Dengan demikian, ANN dapat digunakan untuk memprediksi bidang peminatan mahasiswa sehingga dapat membawa dampak dan manfaat bagi siswa, pendidik, dan institusi.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

ANALISIS PREDIKSI PEMILIHAN BIDANG PEMINATAN MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI DENGAN ALGORITMA ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (STUDI KASUS: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYARAH NUR LATIFAH
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, MUHAMMAD AZANI HASIBUAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4M3 - DATA WAREHOUSE DAN INTELIJEN BISNIS
  • ISH4N3 - PENGGALIAN DATA DAN ANALITIKA BISNIS
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini