ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN PENDEKATAN TOGAF : ENTERPRISE RESOURCE PLANNING SEBAGAI SOLUSI DALAM INTEGRASI DATA (STUDI KASUS: AREA FUNGSI PENGADAAN PADA PT BIO FARMA)

RAHMADINA ARIFAZHARI

Informasi Dasar

19.04.4523
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Bio Farma (Persero) merupakan salah satu perusahaan penyedia obat-obatan yang bergerak dibidang manufaktur. Untuk mencapai visi dari PT Bio Farma sendiri dibutuhkan teknologi informasi sebagai pendukung setiap lini bisnis yang ada terutama pada area fungsi pengadaan. Pada saat ini perusahaan telah menggunakan teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) sebagai sistem informasi yang terdapat diperusahaan. Teknologi ERP pada perusahaan ini digunakan untuk integrasi data yang secara menyeluruh dari setiap fungsi yang terdapat diperusahaan. Akan tetapi penggunaan dari teknologi ERP sendiri diperusahaan ini belum maksimal, dikarenakan ketidaktepatan antara implementasi ERP dengan strategi bisnis yang ada. Untuk menyelaraskan antara kebutuhan teknologi informasi dengan strategi bisnis yang ada maka perusahaan membutuhkan adanya blueprint yang digunakan sebagai panduan dalam membangun TI di perusahaan. Enterprise Architecture (EA) merupakan solusi yang dapat digunakan dalam merancang sistem di dalam perusahaan dengan mengintegrasikan domain-domain seperti bisnis, aplikasi, data, dan teknologi. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu dengan TOGAF ADM yang dapat memenuhi kebutuhan pengembangan sistem dan menyelaraskan keempat domain yang terdapat pada perusahaan. Pada penelitian kali ini, akan dihasilkan rancangan ataupun blueprint mengenai gambaran dari kondisi implementasi ERP yang saat ini telah ada di perusahaan, serta target yang diusulkan untuk perbaikan dalam implementasi ERP sistem dan dijadikan sebagai panduan dalam penerapan ERP sistem pada fungsi area pengadaan PT Bio Farma

Kata Kunci: Enterprise Architecture, Integrasi Data, Fungsi Pengadaan, TOGAF ADM

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN PENDEKATAN TOGAF : ENTERPRISE RESOURCE PLANNING SEBAGAI SOLUSI DALAM INTEGRASI DATA (STUDI KASUS: AREA FUNGSI PENGADAAN PADA PT BIO FARMA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMADINA ARIFAZHARI
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT
  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini