MENUJU SMART INDUSTRY KOPI YANG BERKELANJUTAN: PERANCANGAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (SI/TI) MENGGUNAKAN METODE WARD & PEPPARD PADA INDUSTRI KOPI (STUDI KASUS: KOPERASI PRODUSEN KOPI MARGAMULYA)

ARARIKO REZEKI PASA

Informasi Dasar

19.04.4478
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Industri kopi Indonesia memiliki peran dan potensi yang strategis bagi penghidupan para pelaku bisnis di dalamnya maupun pertumbuhan ekonomi Indonesia. Akan tetapi kini tren dunia industri telah banyak mengalami perubahan, salah satu tren yang mencuri perhatian adalah konsep smart industry, konsep industri berbasis digital yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi pada era ini. Smart industry menyuguhkan manfaat peningkatan produktivitas serta adanya nilai tambah bagi yang mengimplementasikannya, bahkan industri-industri yang belum menerapkan konsep tersebut dikhawatirkan tidak dapat bersaing kedepanya. Ketika hendak menerapkan smart industry, perusahaan membutuhkan strategi penerapan SI/TI yang sistematis agar investasi yang dikeluarkan tepat guna dapat membangun target perusahaan. Salah satu indsutri kopi Indonesia yang belum menerapkan konsep smart industri adalah Koperasi Produsen Kopi Margamulya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi SI/TI yang sistematis dalam rangka mewujudkan konsep smart indsutry yang tepat guna. Metode analisis dan perancangan yang digunakan adalah kerangka kerja Ward & Peppard yang terdiri dari 2 fase yaitu fase input dan output. Fase input terdiri dari analisis internal bisnis, eksternal bisnis, internal SI/TI dan eksternal SI/TI. Pada tahap output meliputi perancangan strategi manajemen SI/TI, sistem informasi bisnis dan strategi IT. Keluaran dari penelitian ini berupa portofolio rancangan SI/TI pada Koperasi Produsen Kopi Margamulya yang terdiri dari rancangan strategi bisnis, SI, TI, dan manajemen SI/TI. Rancangan SI/TI tersebut diharapkan dapat mempermudah mewujudkan konsep smart industry yang selaras dengan visi dan misi Koperasi Produsen Kopi Margamulya sekaligus dapat menjadi referensi penerapan smart industry pada industri kopi Indonesia lainnya yang serupa.

Kata Kunci: Perancangan Strategi SI/TI, Industri Kopi, Smart Industry, Ward & Peppard

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

MENUJU SMART INDUSTRY KOPI YANG BERKELANJUTAN: PERANCANGAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (SI/TI) MENGGUNAKAN METODE WARD & PEPPARD PADA INDUSTRI KOPI (STUDI KASUS: KOPERASI PRODUSEN KOPI MARGAMULYA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARARIKO REZEKI PASA
Perorangan
TIEN FABRIANTI KUSUMASARI, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4Y3 - ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI LANJUT
  • ISH4Z3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • SEH2B3 - REKAYASA PROSES BISNIS
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • ISI4R3 - IMPLEMENTASI ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISI2I3 - REKAYASA PROSES BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini