ANALISIS DAN SIMULASI SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI ASISTEN LABORATORIUM DAN ANGGOTA KEPROFESIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES (STUDI KASUS : PRODI SISTEM INFORMASI TELKOM UNIVERSITY)

ERNADILA SUKMADINATA

Informasi Dasar

19.04.4477
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Program Studi Sistem Informasi Telkom University merupakan salah satu program studi yang menerapkan program pengembangan skill pada mahasiswanya. Hal ini ditujukan untuk mendukung program Telkom University dalam mencetak lulusan-lulusan terbaik yang dapat menunjang dunia kerja. Salah satu fasilitas akademik yang diberikan Program Studi Sistem Informasi pada mahasiswa ialah tempat pembelajaran laboratorium dan keprofesian. Program Studi Sistem Informasi sendiri sudah menaungi 6 laboratorium beserta 6 keprofesian. Guna menjaga kualitas pembelajaran, setiap laboratorium dan keprofesian memiliki tahapan Rekruitasi yang harus dilalui oleh Calon Anggota. Proses rekruitasi ditujukan untuk menyaring orang-orang terbaik yang dapat memajukan laboratorum dan keprofesian itu sendiri. Pada proses rekruitasi sendiri terdapat tahap-tahapan seleksi seperti pengumpulan berkas dan tes kompetensi diri. Tahap rekruitasi tersebut dilakukan bersamaan dengan proses perkuliahan, oleh karena itu sering kali proses rekruitasi untuk calon asisten dan anggota keprofesian menghabiskan waktu yang lama dalam prosesnya. Untuk itu, dibutuhkan analisis terhadap faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan calon anggota laboratorium dan keprofesian serta suatu sistem yang dapat digunakan untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap proses penerimaan anggota laboratorium dan keprofesian berdasarkan hasil penilaian rekruitasi sebelumnya. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan berkas akademik dan penilaian rekruitasi yang kemudian akan melalui proses pre-processsing dan selanjutnya klasifikasi data. Pada penelitian ini akan dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma Naive bayes. Dimana, algoritma ini akan diuji tingkat akurasinya dengan menggunakan tools RapidMiner. Setelah melakukan uji tingkat akurasi dan mendapatkan faktor yang dapat mempengaruhi penerimaan calon anggota laboratorium dan keprofesian, algoritma Naive bayes akan diterapkan pada sistem berbasis web untuk dijadikan masukan terhadap proses pengambilan keputusan penerimaan anggota laboratorium dan keprofesian.

Kata Kunci : Naive bayes, Pengambilan Keputusan, Rekruitasi, RapidMiner, klasifikasi

Subjek

INFORMATION SYSTEM
 

Katalog

ANALISIS DAN SIMULASI SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK SELEKSI ASISTEN LABORATORIUM DAN ANGGOTA KEPROFESIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES (STUDI KASUS : PRODI SISTEM INFORMASI TELKOM UNIVERSITY)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERNADILA SUKMADINATA
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, NIA AMBARSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4F3 - BIG DATA ANALITIK
  • ISH4A2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • SEH1F3 - PROBABILITAS DAN STATISTIK
  • ISH2G4 - SISTEM BASIS DATA
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • III1A2 - PROBABILITAS DAN STATISTIK
  • ISI4C2 - METODE PENELITIAN DAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH
  • ISI2J4 - SISTEM BASIS DATA
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III1A2 - PROBABILITAS DAN STATISTIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini