ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN PENDEKATAN TOGAF: ENTERPRISE RESOURCE PLANNING SEBAGAI SOLUSI DALAM INTEGRASI DATA (STUDI KASUS: AREA FUNGSI PENJUALAN DAN PEMASARAN PADA PT. BIO FARMA)

AULIA RAVI

Informasi Dasar

19.04.4475
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era globalisasi seperti saat ini, meningkatnya daya saing antar perusahaan membuat perusahaan berlomba-lomba meningkatkan pengembangan teknologi informasi untuk mencapai tujuan yang dinginkan. Diperlukannya suatu rancangan yang dapat menyelaraskan antara strategi dan teknologi informasi pada suatu organisasi atau perusahaan yang sedang menjalannkan aktivitas bisnisnya. PT. Bio Farma (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi informasi, Dalam hal ini integrasi data perusahaan. PT. Bio Farma (Persero) perusahaan penyedia Vaksin yang bergerak pada bidang manufaktur. Dalam mencapai visi dan misi PT. Bio Farma (Persero) dibutuhkan suatu teknologi informasi yang mendukung setiap lini bisnis yang ada terutama pada fungsi Penjualan dan Pemasaran. Pada saat ini perusahaan telah menggunakan teknologi ERP sebagai sistem informasi yang terdapat pada perusahaan tersebut. Teknologi ERP pada perusahaan ini sudah di gunakan untuk integritas seluruh data dari berbagai fungsi pada perusahaan. Akan tetapi, Perusahaan belum maksimal dalam penggunaan teknologi ERP sendiri dikarenakan perlu nya keselarasan antara implementasi ERP dan strategi bisnis pada perusahaann. Metode yang dilakukan agar dapat menyalaraskan dalam kebutuhan implementasi ERP dan strategi bisnis perusahaan yaitu Enterprise Architecture. adapun framework yang digunakan pada perancangan Enteprise Architecture adalah Framework TOGAF (The Open Group Architecture Framework). Yang didalamnya terdapat TOGAF ADM (Architecture Development Method), menjadi metodologi perancangan Enterprise Architecture pada PT. Bio Farma (Persero). TOGAF ADM sendiri telah mencakup keseluruhan domain inti yang terdapat diperusahaan berupa bisnis, data, aplikasi, dan teknologi. Fase-fase perancangan EA yang terdapat pada TOGAF ADM dimulai dari fase preliminary hingga fase migration planning. Perancangan arsitektur akan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bisnis perusahaan. Harapannya dengan penggunaan metode ini PT. Bio Farma (Persero) dapat hasil yang efektif dan efisien dalam penggunaan ERP pada fungsi penjualan dan Pemasaran.

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

ENTERPRISE ARCHITECTURE DENGAN PENDEKATAN TOGAF: ENTERPRISE RESOURCE PLANNING SEBAGAI SOLUSI DALAM INTEGRASI DATA (STUDI KASUS: AREA FUNGSI PENJUALAN DAN PEMASARAN PADA PT. BIO FARMA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA RAVI
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini