ANALISIS IMPLEMENTASI SAP PADA DIVISI ACCOUNTING MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI PADA SEKTOR PERBANKAN (STUDI KASUS: PT. BANK MANDIRI, TBK.)

DAHLIA RAITANA

Informasi Dasar

19.04.4469
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Bank Mandiri, Tbk, merupakan salah satu perusahaan pertama di Indoesia yang mengimplementasikan aplikasi SAP, modul utama yang saat ini diimplementasikan adalah SAP Financial Accounting (FI) and Controlling (CO), SAP Customer Relationship Management (CRM), dan SAP Human Resources (HR). Divisi accounting menjalankan kegiatan utama perusahaaan, seperti pembuatan kebijakan dan standar akuntansi, menyusun laporan keuangan baik kepada management maupun regulator, mem-posting jurnal dari unit kerja pusat, monitoring pos terbuka wide dan GNC, dan mengatur semua hal mengenai perpajakan yang ada di perusahaan. Sistem SAP membantu PT. Bank Mandiri mengatur dan mengelola semua informasi yang menunjang kegiatan-kegiatan tersebut. Sistem SAP tersebut saling mengintegrasikan modul yang ada didalamnya dan mengintegrasikan dengan divisi lain yang ada pada PT Bank Mandiri, Tbk, sehingga membantu pekerjaan karyawan. Informasi yang ada didalamnya berjalan secara real-time sehingga dapat mengurangi human-eror, seperti duplikasi data dan ketidak telitian, untuk itu diperlukan penelitian untuk mengevaluasi SAP pada divisi accounting, guna mengukur kinerja sistem SAP pada divisi accounting menggunakan model Kebehasilan Sistem Informasi. Model Kesuksesan Sistem Informasi memiliki 6 variabel, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pemakaian, kepuasan pelanggan dan hasil bersih. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan pada divisi akuntansi dan mendapatkan responden berjumlah 40 orang. Terdapat 9 hipotesis yang diuji menggunakan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM), 7 hipotesis terbukti diterima, sedangkan 2 hipotesis lainnya terbukti ditolak.

Kata kunci: Model Kesuksesan Sistem Informasi, Implementasi SAP, PT Bank Mandiri, Tbk.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

ANALISIS IMPLEMENTASI SAP PADA DIVISI ACCOUNTING MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI PADA SEKTOR PERBANKAN (STUDI KASUS: PT. BANK MANDIRI, TBK.)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAHLIA RAITANA
Perorangan
R. WAHJOE WITJAKSONO, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4T3 - ADOPSI ERP DAN MANAJEMEN PERUBAHAN
  • ISG4E3 - ERP AKUNTANSI
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini