PENGEMBANGAN FLEXIBLE PRODUCTION SCHEDULING DENGAN MENERAPKAN GANTT CHART PADA MODUL MANUFACTURING OPEN SOURCE ERP (STUDI KASUS CV. BLESSING)

CHANDRATYA NAFIANTO

Informasi Dasar

19.04.4467
005.372
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Blessing adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri tekstil. Produk yang dihasilkan oleh CV. Blessing adalah berbagai macam jenis kain seperti kaos, kain katun, dan berbagai macam produk tekstil lainnya. Salah satu proses bisnis yang ada pada CV. Blessing adalah pada bagian produksi. Ma-salah yang terjadi pada proses bisnis yang ada dalam perusahaan meliputi aktivitas penjadwalan produksi dan proses pelaksanaan produksi. CV. Blessing menggunakan sistem yang bersifat standalone dalam memenuhi kebutuhan bisnisnya. Permasalahan utama pada bagian produksi yaitu sistem yang digunakan tidak terintegrasi antara bagian produksi, warehouse, dan purchasing dan tidak adanya fleksibilitas dalam sistem saat ini.

Pembangunan Enterprise Resource Planning (ERP) dapat menjadi solusi permasalahan tersebut di CV. Blessing. Sistem ERP yang digunakan adalah Odoo. Odoo merupakan software open source yang banyak di gunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Pembangunan sistem ERP pada CV. Blessing menggunakan metode Odoo Quickstart. Metodologi ini dapat membuat proses implementasi selesai tepat waktu dan biaya yang dibutuhkan dapat di sesuaikan dengan proyek.

Pembangunan Sistem ERP pada CV. Blessing bertujuan untuk mengatasi permasa-lahan yang terdapat pada bagian produksi sehingga proses bisnis perusahaan dapat terintegrasi dengan baik, efektif, dan efisien dan meningkatkan fleksibilitas dalam penjadwalan produksi. Modul Manufacturing Resource Planning yang terdapat pada Odoo akan membantu meningkatkan perencanaan bagian produksi dalam menjalankan proses produksi hingga menghasilkan report yang jelas. Setelah pros-es implementasi selesai, dilakukan pengujian sistem dengan menggunakan System Usability Scale.

Kata kunci : ERP, Manufacturing, Odoo, QuickStart

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENGEMBANGAN FLEXIBLE PRODUCTION SCHEDULING DENGAN MENERAPKAN GANTT CHART PADA MODUL MANUFACTURING OPEN SOURCE ERP (STUDI KASUS CV. BLESSING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHANDRATYA NAFIANTO
Perorangan
WARIH PUSPITASARI, MUHARDI SAPUTRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

  • SEH3A3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK
  • ISI3A3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini