Menyelamatkan Uang Rakyat: Kajian Akademik Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2006

Mahfud MD, Edy Suandi Hamid, Pratikno, et all

Informasi Dasar

19.01.1353
364.1323
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
9b

Penghujung tahun 2006, Presiden Yudhoyono menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2006 tentang Kedudukan Protokoler dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD (PP 37/2006). Dengan keluarnya PP tersebut, tak pelak pendapatan para wakil rakyat di daerah naik tajam. lebih parah lagi, PP 37/2006 dikeluarkan saat masyarakat kita mengalami berbagai kesulitan di sana sini. Akibatnya gelombang penolakan dan demonstrasi nyaris merata di seluruh penjuru nusantara.

Dalam rangka merespon permasalahan tersebut, Pusat Kajian Anti-Korupsi (PUKAT) Fakultas Hukum UGM bekerjasama dengan kemitraan dan Indonesian Court Monitoring menggelar kajian ilmiah dengan melibatkan pakar dari berbagai bidang. Kajian atas PP 37/2006 ini merupakan entry point untuk menjelaskan carut-marutnya sistem perundang-undangan di Indonesia, baik dari sisi substansial maupun prosedural. Tidaklah dapat dinafikkan bahwa pembentukan perundang-undangan di negeri ini acapkali hanya memenuhi kekuatan berlaku yuridis (juristiche geltung) semata. Padahal, semestinya produk hukum tersebut juga punya kekuatan berlaku secara sosiologis (sociologische geltung) dan kekuatan berlaku filosofis (filosofische geltung).

untuk menganalisis persoalan di atas, ada tiga sudut pandang yang digunakan dalam buku ini. Pertama, dari aspek politik dan perundang-undangan. Kedua, dari perspektif ekonomi. Dan ketiga, dari sudut pandang antikorupsi. Perpaduan ketiganya diharapkan dapat menghasilkan satu pembahasan yang komprehensif terkait substansi PP 37/2006 yang dianggap kontroversial.

Subjek

Coruption
 

Katalog

Menyelamatkan Uang Rakyat: Kajian Akademik Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2006
9789791833721
xi, 233p ,:il.; 21 cm
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Mahfud MD, Edy Suandi Hamid, Pratikno, et all
Perorangan
 
 

Penerbit

Pusat Kajian Anti Korupsi (PuKAT)
Yogyakarta
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini