FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN INTERNET FINANCIAL REPORTING (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)

DINDA AYUNINGTIAS

Informasi Dasar

19.04.4400
657.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di era globalisasi ini dapat dilihat dari meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat, internet telah menjadi sebuah kebutuhan yang dapat menunjang segala aspek kehidupan. Hal tersebut menjadi daya tarik dunia bisnis dalam kegiatan pengungkapan informasi keuangan melalui internet atau biasa disebut Internet Financial Reporting (IFR), dengan melakukan internet financial reporting di website resmi perusahaan, perusahaan dapat menyebarluaskan informasi keuangannya kepada para pemegang saham, kreditor maupun pihak regulator dengan mudah, tepat waktu dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Umur perusahaan, Kepemilikan Saham oleh Publik dan Dewan Komisaris Independen terhadapa Internet Financial Reporting (IFR) baik secara simultan maupun parsial. Objek dari penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh 31 perusahaan dengan waktu 5 tahun sehingga total unit sampel sebanyak 155 unit sampel yang diobservasi. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 10 Student Version. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, likuiditas, umur perusahaan, kepemilikan saham oleh publik dan dewan komisaris independen berpengaruh secara simultan terhadap internet financial reporting. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, umur perusahaan dan kepemilikan saham publik berpengaruh positif terhadap internet financial reporting, serta dewan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap internet financial reporting. Sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap internet financial reporting.

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN INTERNET FINANCIAL REPORTING (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINDA AYUNINGTIAS
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2019

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini